Budayakan Blogging dengan Karya Sendiri

no_image

Limitasi permasalahan: Tindakan copy-paste yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah tindakan asal copy-paste yang kurang menghargai sumber asli (copied post) tulisan di mana ketika melakukan penyalinan (copy)

(*Tunggu! Sebenarnya tidak ada salahnya copy-paste dengan niat ingin berbagi berita / ilmu dengan teman-teman, but don’t forget to give the author a credit*)

Jangan asal copy-paste”, Ini merupakan sebuah bagian pesan moral yang sudah ada sejak dulu di kalangan blogger. Blogging hendaknya menggunakan hasil karya sendiri mengingat ada beberapa kasus blogger yang melakukan pengutipan secara keseluruhan kontent dari blog lain untuk ditaruh di blognya. Tidak jarang orang yang mengutip konten lupa memberi penghargaan kepada penulis yang tulisannya dikutip. Sebenarnya paling tidak kita menyebutkan sumber bila pada dasarnya kita hanya merubah sebagian kecil dari tulisan.

Banyaknya blogger-blogger baru yang bermunculan dalam dunia blogger sebenarnya tidak akan menimbulkan persaingan antar sesama blogger. Konten yang unik (pembaca tidak dibuat bosan dengan beberapa tulisan yang isinya mirip bahkan sama di blog yang berbeda) akan membuat setiap blog mempunyai ciri khas tersendiri. Blog merupakan identitas diri kita sendiri, bagaimana dengan kontent yang sama? Tentunya akan menurunkan kualitas blog kita di mata orang lain.

Kemiripan Konten?

Mirip bukan berarti sama kan? Sebagai contoh, seseorang mungkin saja menulis “Bagaimana Cara Memasak Mie Instan”, namun setiap orang tentunya mempunyai cara yang berbeda dalam menuliskan artikel tersebut. Basa-basi yang biasanya ada pada awal artikel pun dapat menjadikan salah satu daya tarik tersendiri (*sempat bingung sendiri melihat kontent yang sama dengan judul yang berbeda di global tag WordPress Indonesia dan tanpa sumber yang jelas – ya, mungkin mereka termasuk kolektor, atau korban kolektor tulisan yang kurang bertanggung jawab*).

Keuntungan dari blog dengan karya sendiri

  1. Konten adalah hak kita, kita bisa saja mengklaim bahwa ini adalah milik kita, meskipun tidak jarang ada orang yang dengan ikhlas membagikan ilmunya, tanpa harus meminta imbalan dan membiarkan orang meng-AKU-kan karya yang bukan miliknya.
  2. Karakteristik blog kita terjaga, seperti yang telah aku sampaikan di atas, karakteristik menjadi salah satu faktor yang membuat blog kita lebih menarik untuk dikunjungi, orang-orang akan lebih mengenal kita sebagai penulis dengan karya sendiri, dan itu lebih baik daripada orang memandang kita sebagi blogger yang hanya bisa copy paste. Hal ini juga memberi daya tarik sendiri kepada pengunjung agar lebih mengenal kita.
  3. Interaksi kepada pengunjung menjadi lebih mudah, karena apa yang kita tulis di blog adalah tulisan dari pemikiran kita sendiri (mungkin juga membutuhkan referensi luar), kita dapat dengan mudah berdiskusi dengan pengunjung lewat komentar / e-mail.

Mungkin hanya tiga dari keuntungan-keungungan blogging dengan karya sendiri yang dapat kusampaikan di sini (*any idea?*).

… Sulit membuat tulisan sendiri?

Ini adalah sebagian kecil dari tips bagi kawan-kawan blogger yang masih sulit membuat tulisan sendiri:

Kita dapat mulai menulis dengan mencari-cari referensi dari buku dan internet dan jangan lupa menaruh sumber referensi. Aku juga sebagai seorang blogger pemula tentunya sangat memerlukan yang namanya referensi. Daripada kita melakukan duplikasi konten (copy-paste) secara keseluruhan tanpa harus berfikir, lebih baik kita meluangkan sedikit waktu untuk memahami materi apa yang akan kita publikasikan di blog nantinya.

Cara lain yang dapat kita lakukan adalah melihat-lihat atau berkunjung ke blog teman-teman (blogwalking). Dengan mengunjungi blog orang lain, diharapkan kita nantinya dapat menemukan referensi-referensi tentang seperti apa teman-teman kita sesama blogger menyajikan tulisannya.

Lakukan menulis dengan rileks dan tidak disarankan untuk melihat isi dompet (*takut tiba-tiba patah semangat bila melihat dompet yang kempes* :D).

Yaum al-Jumma 27 Rajab 1431 (Hijri) / Sukravãra 18 ?sh?dha 1932 (Indian National) / Friday 09 July 2010 – Akhirnya tulisan ini dapat kuselesaikan di hari Jumat pada tanggal 9 Juli 2010 sebagai bukti semangatku dalam hal blogging (*gak nyambung*). Mungkin dalam beberapa hari kedepan aku akan mengurangi sedikit intensitas blogging karena baru saja aku mendapat pesan singkat dari sang vokalis tentang event yang akan dilaksanakan bulan depan.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

18 comments » Write a comment

  1. salam kenal dulu mas, mudah-mudahan tulisan saya ngga ada yang copas mas, kalo masalah gambar apa perlu di kasih sumbernya?

  2. @Abdul Hakim: salam kenal juga mas. iyaa. mudahan saja tulisan saya juga gak ada yang asal copas..

    hm… kebanyakan gambar di internet udah beralih tangan (hosting ke hosting) susah milah milih yang ada copyrightnya – semoga aja kena yang bebas pakai..

  3. Pingback: Tweets that mention Budayakan Blogging dengan Karya Sendiri - Hengki D. Hermawan -- Topsy.com

  4. @Agus Siswoyo: Iya. masih ada semangat blogging. dan semoga tetap ada semangat blogging

    @Abdul Hakim: oh iya lupa, kalau di blog ini untuk jaga2 saya sendiri pakai screenshot + gambar editing sendiri

  5. (*Tunggu! Sebenarnya tidak ada salahnya copy-paste dengan niat ingin berbagi berita / ilmu dengan teman-teman, but don’t forget to give the author a credit*)

    Ide bagus ini kadang tidak disertai dengan praktek yang tepat. Biasanya pemilik blog asli memang melarang penerjemahan tanpa izin, apalagi copy paste. Ini untuk menjaga agar isi situsnya tetap unik dan menghindari persaingan dengan tulisannya sendiri.

    Padahal apa sulitnya untuk merangkum saja dengan bahasa sendiri. Tinggal cari lagi referensi lain lalu ramu semua menjadi artikel baru.

  6. @Hengki: Carinya di flickr. Di sana kita bisa pilih foto yang ada license Common Creative. Yang penting tuliskan link untuk setiap gambar, setidaknya kita sudah berusaha memberi kredit pada pemiliknya.

  7. sip sip, lagian salah satu tujuan ngeblog kan belajar menuangkan ide lewat tulisan
    ga dapet ilmu yg satu ini klo cuma copas

  8. @Jeprie: Wah benar juga, tertolong saya bila sudah kepepet cari image, terimakasih atas sarannya :thumbup

    @rusydi: :ngacir: benar… semoga kita dijauhkan dari hal-hal seperti itu :takut

  9. Setuju sekali dengan tulisan diatas. Kalau mau copas, jangan lupa cantumkan sumber aslinya. Tapi, alangkah lebih baik jika kita menulis sesuatu artikel hasil dari pemikiran diri kita sendiri. Rasanya ada kepuasan tersendiri. Memang tidak mudah dan kadangkala ide utk menulis sesuatu itu tidak ada, namun kita jangan patah semangat. Kadang-kadang kalau kita melihat tulisan orang lain juga muncul perasaan minder karena kalimat yang kita gunakan tidak sebagus punya orang tsb. Tapi sekali lagi kita tidak boleh putus asa. Kita harus tetap berusaha untuk memperbaiki diri agar kedepannya tulisan kita kedepannya akan jauh lebih baik.

  10. @Ifan: Benar sekali, jangan jadi manusia yang statis.. kalau bisa lebih maju, why not? :Yb
    Benar sekali kalau dibilang tulisan sendiri memang lebih puas, dan kita bisa lebih menghargai blog kita sendiri

  11. Ya, hargai penulis dengan mencantumkan copyright-nya.
    Kalo kepepet ngga punya ide, cari tulisan-tulisan blog lain kemudian dikumpulkan menjadi satu tulisan, tapi jangan lupa mencantumkan sumber-sumber tulisan tersebut. Dbibuat seperti index saja

  12. Pingback: Be warn when copy and paste « ukhuwahblog

Leave a Reply