Memasang Widget Plurk di Sidebar WordPress (Self-Hosted)

no_image

Belum pernah mendengar tentang Plurk? Plurk merupakan salah satu microbloggin favoritku :thumbup:. Kita dapat berbagi apa saja yang sedang kita lakukan (layaknya sebuah status di jejaringan-jejaringan sosial lainnya), link, foto, dan lain sebagainya. Karena fitur dan tampilan mobile dari Plurk lumayan simple / sederhana, Plurk menjadi salah satu situs wajib yang kukunjungi setiap harinya. Misalnya anda sering mendengar istilah “status” dalam jejaringan sosial, di plurk kita akan dikejutkan dengan hal yang berbeda, yaitu timeline yang dapat kita geser untuk melihat update-update plurk teman-teman bila di akses di full site. Sama halnya dengan “status” pada Facebook (*bagi yang kenal dengan Facebook*), di plurk juga terdapat fasilitas untuk menulis komentar pada plurk yang ditulis oleh teman yang disebut dengan respon.

no_image

Salah satu fitur dari Plurk yang membuatku tertarik adalah Karma. Bila anda seorang gamer, karma dapat diibaratkan sebagai level anda. Karma dapat mempengaruhi emoticon apa saja yang dapat digunakan di Plurk (*semakin seru*). Jangan lupa untuk update Plurk secara teratur karena karma dapat turun karena anda vacum :takuts. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi karma seperti respon kita ke plurk orang / sebaliknya dan update plurk kita sendiri (*ups jangan update semaunya, bisa dianggap sp*m bila update terlalu banyak dalam sehari, dan pastikan teman-teman kita sendiri tidak terganggu dengan ocehan kita di plurk*).

Masih penasaran? Lihat Plurk milikku di sini (Daftar saja dengan melakukan klik pada “Start Using Plurk!“). Gunakan Bahasa Indonesia agar lebih mudah.

Cara Memasang Widget Plurk di WordPress Self-Hosted (Plurk dengan Bahasa Indonesia)

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memasang widget Plurk di blog WordPress (self-hosted) anda:

  1. Masuk (Login) ke akun plurk
  2. Klik “sunting” yang terdapat pada bagian kiri atas (di samping tulisan Profil Saya)
  3. Pada tab Pengaturan profil, pilih widget (pastikan anda sudah melihat tulisan “Sesuaikan widget Flash atau HTML sesuka hatimu dan pasang di blog atau situs kamu.” )
  4. Atur warna dan ukuran widget
  5. Copy kode yang ada di bawah tulisan “Kopi dan masukkan kode berikut ke blog atau situsmu.”
  6. Masuk ke dashboard WordPress, pada menu Appearance, pilih Widgets
  7. Tarik (drag) widget Text (Arbitrary text or HTML) ke bagian sidebar, Paste kode yang telah kita salin dari Plurk, klik save

Selesai! Anda sudah memasang widget Plurk di blog anda, contohnya dapat dilihat di sidebar blog ini.

:2thumbup

9 comments » Write a comment

    • Aw, this was a really nice post. In idea I would like to put in witnirg like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say… I procrastinate alot and by no means seem to get something done.

Leave a Reply

Required fields are marked *.