Pentingkah Menyimpan Revisi di Blog? (Self-Hosted WP)

Revisions merupakan fitur WordPress yang memudahkan kita untuk melihat kembali revisi-revisi yang telah kita lakukan terhadap suatu tulisan, membandingkan antar revisi atau mengembalikan (restore) ke revisi tulisan yang sebelumnya. Pernah melihat jumlah revisi di tulisan yang kamu buat? Secara default, revisi tulisan dapat kita lihat di bagian paling bawah editor ketika kita melakukan editting terhadap tulisan di tab yang berjudul Revisions (tulisannya akan seperti ini jika bahasa default WordPress kita menggunakan bahasa Inggris). Revisi akan selalu bertambah apabila kita melakukan pembaharuan / update terhadap tulisan dan save draft.

… Kekurangan fitur Revisions bagi orang yang telinganya berdiri ketika dengar sesuatu yang berbau “menghemat” seperti aku

Untuk menyimpan revisi sebelumnya dari tulisan kita, tentunya WordPress menggunakan database di hosting kita. Setidaknya hal tersebut akan mengurangi space yang kita sewa dari hosting meskipun dalam jumlah yang kecil. Lalu bagaimana jika banyak? Tentunya akan sangat merugikan, apalagi revisi-revisi sebelumnya sudah tidak terpakai lagi. Hal ini akan menjadi parah apabila

Banyak cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghapus, bahkan disable fitur revisions. Salah satu caranya adalah dengan menyisipkan kode pada WordPress kita (caranya bisa dicari di sini). Namun untuk masalah ini, aku lebih mempercayakan kepada plugin, yang aku gunakan adalah plugin WP-Optimize setelah berkunjung di salah satu blog. Sebenarnya aku sempat ragu untuk melakukan instalasi, karena katanya masih belum dicoba di versi WordPress yang kugunakan. Namun setelah melihat-lihat beberapa komentar yang ada di sini, saya mencoba memberanikan diri untuk melakukan instalasi plugin ini dan ternyata, setelah dicoba, dalam 10 posting, saya sudah membuat 70+ revisi (sementara ini saya masih belum mengetahui apakah ada masalah, semoga tidak ada :Yb). Belum berani coba WP Optimize? Silakan gunakan plugin-plugin yang lebih anda percaya dan pastikan anda hanya menggunakan plugin yang berasal dari WordPress.org dan jangan lupa BACKUP! BACKUP! BACKUP!

Sedikit berbagi tentang fitur yang diberikan oleh WP Optimze. Berikut ini adalah fitur yang saya ambil dari http://wordpress.org/extend/plugins/wp-optimize/:

  • Hapus revisi posting
  • Hapus komentar dari spam queue
  • Hapus komentar yang berstatus “unapproved”
  • Mengoptimalkan table database
  • Mengganti username
  • Menampilkan statistik table database

Jadi? Semua tergantung anda, bila masih ingin menggunakan revisi, silakan, tidak ada paksaan dalam tulisan ini, aku hanya ingin sedikit berbagi kepada pembaca sekalian mengingat tidak ada salahnya menyimpan revisi-revisi karena mungkin akan berguna sebagai perbandingan di lain hari. Aku tidak berani menjamin, tetapi semua yang kutulis di tulisan ini tentunya sudah pernah kucoba sebelumnya di blog ini.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

12 comments » Write a comment

  1. berkunjung lagi sob, kali pakai akun belogsepot yang masih newbie.. :D, akan dipraktekan di blog ku yang hosting sendiri..

    thanks for share

  2. @ Philips: Ok, i’ll do it

    @ Thomas: I think that a Revisions is not very useful for me, so I use WP-Optimize to delete them, and it works fine in my WP,

    @ cidtux: wah ternyata banyak blog mu hehhe.. coba aja, tapi resiko tanggung sendiri.. hehe

    @ Jabon: silakan, moggo…

    @ Azwar: haha.. mencurigakan aja war ae.. haha..

Leave a Reply