Software Rubik’s Cube di Linux

Pertama kali aku bisa bermain Cube 3x3x3 adalah ketika aku berada di semester II kuliahku, tepatnya setelah merasa penasaran dengan salah satu temanku yang berhasil menyelesaikan Cube 3x3x3 yang dipinjamnya dari salah satu temanku yang lain dalam waktu beberapa jam (dengan tutorial tentunya). Karena tidak mau kalah, aku mencoba untuk belajar lebih cepat daripada dia, hingga akhirnya aku berhasil belajar kurang dari satu hari setelah membeli cube 3x3x3-ku sendiri.

Cari Definisi Rubik’s Cube via Google.co.id

Entah mengapa, setelah kami membeli cube, tiba-tiba pasaran cube di kota tempat aku tinggal mulai ramai, dan muncul dengan berbagai varian, rupanya banyak yang mengikuti jejak kami (*dilempar bata :bata*). Karena sifatku yang cukup mudah bosan dengan sesuatu, akhirnya aku malas untuk mempelajari versi cube yang lainnya, cukup puas meski hanya bisa menyelesaikan cube 3x3x3 dengan waktu 1 menit 20 detik dengan waktu yang dihitung sendiri, keberuntungan yang tinggi, ditambah dengan keadaan acak si cube yang menguntungkan.

Setelah selesai melakukan instalasi Slackware 13.1 kemaren, eh ternyata ada game di kategori Logic Games ada sebuah game dengan icon kotak yang bernama Kubrick (A game based on Rubik’s Cube (TM)).

Simulasi cube buatan Ian Wadham ini memiliki tampilan (interface) yang cukup mudah untuk dipahami bagi orang awam. Pada menu game, kita dapat memilih tipe cube yang kita inginkan dari yang paling mudah, hingga yang susah, selain itu kita juga dapat membuat cube yang kita inginkan. Dalam simulasi cube ini juga terdapat cara untuk membuat cube 3x3x3 dengan pattern-pattern yang cukup unik dan beberapa solusi untuk menyelesaikan cube.

Meskipun dapat dibilang cukup lengkap dan kita tidak harus mengeluarkan puluhan keping uang recehan (bahkan ratusan) senilai 100 rupiah (*lebay*) tentunya lebih enak menggunakan cube asli yang bisa dipegang-pegang menggunakan tangan sendiri daripada harus melakukan klik dan memperhatikan tiap sisi cube di monitor.

Selamat mencoba!

Catatan: Sedikit menginformasikan, mungkin karena ini adalah salah satu simulasi yang mengandalkan fitur 3D, simulasi ini cukup menguras resource di PC yang kumiliki (Dual core 3.0 GHz, 1 GB of RAM, 128Mb of VGA) dengan KDE 4.4.3 yang berjalan di Slackware 13.1

6 comments » Write a comment

  1. Untuk Mac ya? Belum pernah dengar, tapi seharusnya ada yang mengembangkannya. Kalau yang saya pakai itu bawaan dari Slackware 13.1

  2. ah sudah cukup.. rekor pribadi 2 menit juga dah puas kok.. yg penting dapat gimana algoritam ngesolvenya.. masalah speed? komputer lebih lihai :))

    • @ akhy: saya sendiri masih dengan pertolongan tutorial, meskipun movement hafal, tetap saja tidak semua alogaritm yang dipahami (kebanyakan movement :ngakak).

Leave a Reply