Ingin Prediksi Cuaca? Coba Add-ons Firefox yang Satu Ini

 photo forecastfox_zpse9e4bd26.jpg

Hujan yang datang tiba-tiba sering membuat rencanaku gagal total. Beberapa hari yang lalu aku sempat ingin melakukan pemotretan amatir. Pada hari itu, matahari bersinar dengan cerahnya. Aku mempersiapkan kameraku; mengeluarkannya dari drybox murahku (tempat menaruh kamera, di tempat tersebut kelembapannya dijaga agar mencegah tumbuhnya jamur pada lensa; kelembapan ideal untuk kamera adalah 35% sampai 45%). Setelah semuanya siap, tiba-tiba cuaca berubah menjadi mendung dan hujan. Selain rencana pemotretan batal, yang paling mengecewakan adalah ketika membuka-tutup drybox kamera, secara otomatis kelembapan di dalam box akan berubah karena terkontaminasi kelembapan yang ada di daerahku.

Untuk menyiasati ketidaksabaranku membuka tutup drybox. Aku mencari add-ons Firefox yang mungkin dapat membantuku agar tidak terburu-buru. Setelah mencari selama semenit akhirnya ketemu yang namanya Forecastfox. Tanpa berpikir panjang, aku langsung menekan tombol install.

Setelah melakukan instalasi, kita akan diminta melakukan restart pada Firefox. Ketika Firefox sudah kembali muncul, kita langsung dialihkan ke halaman website untuk mengatur apa saja yang akan muncul di toolbar (letak toolbar berada di pojok kanan bawah browser). Berikut ini perubahan yang aku lakukan:

  1. Pada Locations, saya ketikkan nama daerah saya, Banjarmasin
  2. Pada Previous locations, saya mencentang Display location name on toolbar
  3. Untuk Units, saya memilih derajat Celsius karena saya lebih familiar dengan Celsius.
  4. Pada Weather Data, saya cuma memilih humidity (kelembapan) – Sebenarnya kelembapan di daerah tropis memang kurang bersahabat dengan lensa kamera, sehingga menaruh informasinya di toolbar pun merupakan hal yang sia-sia

Selain perubahan yang ada di atas, kalian dapat menyesuaikannya dengan apa yang kalian inginkan.

Dengan Forecastfox kita dapat melihat prediksi cuaca hari ini, besok hari, dan 5 hari kedepan. Walaupun tidak 100% akurat karena yang menentukan cuaca adalah Tuhan Yang Maha Kuasa, tapi dapat membantu bagi para mahasiswa kos-kosan yang doyan jemur pakaian dan meninggalkannya ke kampus.

Selamat mencoba.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *