Yang Tua Bersemangat Muda, “Stop Mengemis”

IMG_6989_.jpg

Lebih baik melihat yang tua bersemangat muda daripada melihat yang muda mengiba-iba di pinggir jalan dengan menadahkan tangan.

A better man works until his old. It is better than being a beggar

Foto ini saya ambil kemarin ketika hunting foto bersama teman-teman klub di salah satu sudut kota Banjarmasin. Ada beberapa potret yang berhasil saya ambil, namun demi kenyamanan semuanya akan saya upload secara terpisah.

Terlihat, di dalam foto, seorang yang cukup berumur (sebut saja kakek) sedang menunggu orang yang bersedia menumpang angkutannya sambil memakai headset. Lumayan jarang orang dengan umur yang sepantaran dengan beliau, menurut opini saya, memakai headset. Semangat muda; ya, benar sekali. Di suatu sudut lain saya menemukan seorang pengemis yang lebih muda daripada sang kakek. Sang pengemis duduk dengan tatapan yang lumayan masih tajam dengan menggunakan topinya yang agak menutupi wajah aslinya yang tampak masih cukup muda untuk bekerja dengan tenaganya. Setiap orang seharusnya berpikir untuk lebih banyak berusaha daripada meminta bantuan orang lain.

Tulisan ini bukan untuk menasehati, tetapi hanya sebuah opini dari saya tentang ‘budaya mengemis’ yang masih terdapat di sekeliling kita karena saya yakin di antara pembaca tidak ada yang menjadi pengemis di jalanan.

4 comments » Write a comment

Leave a Reply