Perbaiki Database Setelah Mengganti / Pindah Domain Blog WordPress (Selfhosted)

 photo blog_database_zps2160e007.jpg

Pindah domain setelah 3 hampir tahun memakai hengkidh.web.id memang melalui pemikiran yang panjang. Saya sempat menunggu beberapa minggu untuk meyakinkan diri untuk memakai .com. Salah satu alasan yang membuat saya berganti dari domain .web.id ke .com adalah harganya yang naik. Setelah menerima email dari pengelola domain saya bahwa domain saya akan jatuh tempo dalam waktu 90 hari, saya mulai ‘jalan-jalan’ di situs pengelola dan mendapati bahwa ‘si pengelola’ tidak melayani perpanjangan domain saya lagi – sedangkan di ‘luar’ harganya kurang lebih 2 kali lipat harga di pengelola sebelumnya.

Dengan berbincang-bincang sebentar dengan penyedia hosting blog hengkidh.web.id akhirnya saya mulai yakin untuk mengganti domain menjadi hengkidh.com. Setelah permohonan penggantian domain saya disetujui, situs saya pun bisa diakses. Tampilannya kacau, tidak bisa buka link ini & link itu – Sudah tentu kacau, database masih dengan pengaturan hengkidh.web.id.

Cara untuk memulihkannya? Simak langkah-langkah berikut. Do it with your own risk! Sebenarnya ada 4 cara yang dapat dilakukan menurut panduan dari wordpress.org, tetapi ini cara yang saya lakukan.

Catatan: Pastikan anda memiliki akses ke phpMyAdmin dan bisa melakukan backup terhadap database (berjaga-jaga apabila anda secara tidak sengaja melakukan kesalahan). Bila kurang mengerti apa yang anda lakukan, hubungi saja technical support penyedia hosting anda.

  1. Login ke phpMyAdmin
  2. Buka database anda
  3. Cari wp_options dan klik browse. Prefiks dari wp_ mungkin akan berbeda-beda
  4. Cari siteurl dan klik edit
  5. Ganti URL anda dan bila sudah yakin klik Go
  6. Cari home dan klik edit. Karena ada banyak tabel yang ada di wp_options (ada 30 di tempat saya), sedangkan home berada di halaman berikutnya; untuk menuju halaman berikutnya, cari tombol “>” (lihat gambar di bawah)
  7. Ganti URL anda dan bila sudah yakin klik Go

 photo blog_database2_zps2a24a240.jpg

Bila terjadi kesalahan dan anda bingung darimana harus memperbaikinya, restore database yang telah anda backup. Jangan pernah ragu untuk melakukan backup terhadap database karena ukurannya tidak seberapa dibandingkan ‘kehilangan’ blog anda.

2 comments » Write a comment

  1. cukup dua itu saja mas?? apa ada yang lain lagi yang musti di ubah?

    kalau url databasenya perlu di ubah juga ngga mas??

    • Iya mas, seingat saya cuma itu. Misal ada mengalami kendala dalam pindah domain, bisa juga menanyakannya pada penyedia hosting.

Leave a Reply