Review: Google Keep

Gambar 1. Google Keep

Gambar 1. Google Keep

Hari ini saya akan berbagi review singkat dan sederhana tentang salah satu aplikasi andalan saya, Google Keep. Aplikasi ini tersedia gratis di Play Store yang dikembangkan oleh Sang Raksasa Internet, Google. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah sebagai catatan. Catatan yang dapat dibuat dengan aplikasi ini adalah catatan yang berbentuk teks, suara, gambar, dan checklist.

Tampilan

Google keep memiliki tampilan sederhana dan dengan UI yang sedang musim. Desain flat yang memang sangat menarik. Apalagi kalau bukan Material Design milik Google. Bagi yang senang dengan catatan yang warna-warni, aplikasi ini hanya menyediakan 8 pilihan warna untuk mengganti latar tulisan.

Terhubung dengan akun Google

Google keep sendiri terhubung dengan akun Google. Misalnya Anda punya tablet dan ponsel android, anda tidak perlu takut ketinggalan catatan karena jika anda menggunakan satu akun Google pada gadget-gadget tersebut, catatan yang ada pada Google Keep akan sama persis. Pastikan tablet dan ponsel anda terhubung dengan internet karena belum ditemukan teknologi seperti telepati untuk tablet dan ponsel.

Tidak cuma di ponsel dan tablet

Gambar 2. Google Keep Extension

Gambar 2. Google Keep Extension

Selain bisa digunakan di ponsel maupun tablet berbasis Android, Google Keep juga dapat diakses via browser keep.google.com. Apabila Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat mengunduh ekstensinya di Chrome Webstore.

Reminder? Buat yang lupa atau pura-pura lupa #eh

Bagi yang sering lupa, memiliki catatan penting, atau tidak ada yang mengingatkan (if you know what I mean), Google Keep juga memiliki fitur pengingat atau reminder.

Fitur lainnya

Jika kita kita menekan tombol menu (lihat Gambar 1; 3 buah garis pada pojok kiri atas), maka akan muncul tampilan seperti yang ada pada gambar nomor 3 (Gambar 1). Di sana terdapat akun Google, Notes, Reminders, Archive, Trash, dan beberapa label.

  • Notes: Berisi catatan-catatan yang akan muncul ketika aplikasi dijalankan
  • Reminders: Berisi catatan-catatan yang telah ditambahkan opsi pengingat
  • Archive: Berisi catatan-catatan yang diarsipkan (tidak akan tertampil di Notes)
  • Trash: Berisi catatan-catatan yang telah dihapus

Apabila kita ingin mengelompokkan catatan berdasarkan kategori, kita dapat menggunakan fitur Label. Seperti yang ada pada gambar, pada Google Keep milik saya, di sana ada beberapa Label yaitu Inspiration, Personal, dan Work.

Wah, menguntungkan sekali kan. Kalau mau blogwalking bisa bikin daftarnya dengan Google Keep. Siapa tau di antara pembaca ada yang suka blogwalking melalui ponselnya.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

17 comments » Write a comment

    • Fitur singkronisasinya memang sangat menguntungkan, tidak perlu salin-salin catatan dari komputer ke ponsel lagi hehe

  1. Wah saya pengguna setia Google Keep, hehehehe… Saya suka karena simpel, fitur komplit, dan mudah digunakan… Solusi lain seperti OneNote atai Evernote terlalu rumit untuk kebutuhan saya yang sederhana

    • Benar sekali, terkadang aplikasi yang simple itu lebih menarik, daripada yang ribet dan terlalu banyak fitur. Padahal niatnya cuma untuk mencatat

  2. wah ini mirip sama “pocket”. aku sering pake di laptop sih. tp kalo di hp jarang banget make aplikasi nyimpen2 beginian. paling ‘save page’ doang di google chrome bwahahahah :))

    • Nah, aplikasi ini bisa dipakai untuk mencatat sesuatu yang mungkin tidak perlu dari copy paste seperti daftar belanja dan lain sebagainya

Leave a Reply