Barcode & QR Code Scanner di Android

Barcode Scanner

Barcode Scanner

Pada kesempatan kali ini saya ingin ingin berbagi tentang sebuah aplikasi Android untuk melakukan pemindaian barcode, QR code, dan lain sebagainya. Aplikasi yang saya gunakan adalah Barcode Scanner yang dikembangkan oleh ZXing Team. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store. Versi yang saya gunakan adalah versi 4.7.3 yang dirilis pada 15 Februari 2015.

Dari segi tampilan, Barcode Scanner sangatlah mudah untuk dipahami. Untuk pemakaian sehari-hari seperti untuk memindah barcode maupun QR Code, kita tidak perlu melakukan perubahan pada pengaturannya.

Mari mencoba

Perbedaan mendasar pada barcode dan QR Code adalah kemampuan menyimpan informasinya. QR Code dapat menyimpan informasi yang lebih banyak daripada barcode. Oleh karena itu, saya akan memberikan contoh QR Code saja.

QR Code dapat menyimpan informasi berupa URL, nomor telpon, teks dan lain sebagainya. Contoh dari QR Code dapat dilihat di bawah ini.

Contoh QR Code

Contoh QR Code

Apabila kita pindah menggunakan aplikasi Barcode Scanner, maka akan muncul URL yang tersimpan di dalam QR Code di atas.

Selain untuk memindai, aplikasi ini juga dapat membuat QR Code. Kita dapat membuat QR Code untuk dibagikan ke orang lain dengan cara menekan tombol SHARE di pojok atas aplikasi. Kita bisa berbagi aplikasi, bookmark, kontak, apa yang ada di clipboard, dan teks yang dapat kita tulis sendiri.

Keuntungan lebih menggunakan aplikasi pemindai ini akan saya bahas di tulisan selanjutnya. Okay, sedikit spoiler, kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk membagikan link halaman suatu website ketika kita browsing di desktop atau notebook ke media sosial yang ada di ponsel kita menggunakan ekstensi pada browser. Seperti contoh gambar di bawah ini.

Ekstensi QR Code

Ekstensi QR Code

3 comments » Write a comment

Leave a Reply