Kenapa Saya Belum / Tidak Memasang AdSense di Blog ini

Siapa yang belum pernah daftar AdSense? Mencoba memasang AdSense merupakan pengalaman yang mengasyikan. Saya sendiri sangat berpengalaman dalam hal ini – berpengalaman ditolak. Alasan ditolaknya pun sebenarnya sederhana sekali. Nanti akan saya bahas di tulisan lainnya. Ditolak Google AdSense itu tidak hanya saya sendiri yang mengalaminya. Tentunya, di antara pembaca mungkin ada juga yang sering mengalaminya. Dengan pengalaman ditolak itulah yang menjadikan kita lebih serius memperbaiki blog.

Di lain sisi, sebagian orang enggan memasang AdSense untuk beberapa alasan. Ada yang beralasan karena mereka tidak ingin blognya dipenuhi iklan, takut jika tampilan blognya menjadi kurang rapi, dan lain sebagainya. Jika orang bertanya kepada saya apakah saya mendaftarkan blog saya ke AdSense, saya akan menjawabnya “Ya. Tapi bukan pada blog ini”. Berikut ini adalah dua alasan mengapa saya belum / tidak memasang AdSense pada blog ini.

1. Jumlah Kata di Setiap Konten Masih Kurang Memadai

Di antara blog saya yang lain, blog ini adalah blog yang paling bandel. Mungkin, hampir sepuluh kali blog ini ditolak oleh Google AdSense. Alasan utamanya adalah karena konten yang kurang memadai. Isi dari tulisan saya memang rata-rata kurang dari 300 kata mengingat di sini juga terdapat puisi dan foto dengan sedikit deskripsi.

Mendaftarkan blog di AdSense memberikan pelajaran yang bermakna. Saya harus rajin melihat kualitas tulisan di blog. Saya harus mulai membuat konten yang dapat dibaca dan dipahami dengan mudah oleh pembaca. Jika, tulisan saya masih terlalu sedikit di setiap posting, maka saya tidak akan menaruh AdSense pada blog ini.

Hal ini yang juga mungkin menjadi kendala pada blog-blog lain ketika mendaftar AdSense. Jika ingin mendaftarkan blog ke AdSense, saya menyarankan agar pembaca maksimalkan tulisan yang ada pada blog. Pastikan mempunyai jumlah kata berkisar antara 400 – 500 kata di setiap tulisan.

2. Masih Banyak Terdapat Konten Yang Berupa Curhat

Sebagian isi dari beberapa blog pribadi merupakan curhat. Ya, termasuk blog ini. Siapa sih yang sebenarnya senang melihat tulisan curhat si pemilik blog? Mungkin si mantan atau si kepo. Konten curhat terkadang asik dibaca apabila curhatan tersebut dikemas dengan tulisan yang menarik, tidak terlalu panjang, dan terlalu pendek.

Konten curhat yang kurang berkualitas tentunya mempengaruhi pengunjung yang ada pada blog. Sebagian dari mereka mungkin tidak ingin kembali lagi ke blog. Hal tersebut tentunya berpengaruh dengan AdSense. Jika seseorang hanya berkunjung sebentar dan langsung menutup halaman kita, tentunya tidak ada untungnya juga bagi kita untuk memasang iklan di blog.

Karena dua hal tersebut saya belum / tidak mendaftarkan blog ini. Mungkin sekarang pun saya bisa memasang iklan di blog ini. Tetapi hal tersebut hanyalah menjadi bom waktu bagi blog saya sendiri karena kualitas konten juga merupakan patokan dari AdSense. Jadi, misalnya pembaca masih ingin memasang iklan di blog pribadinya, silakan. Pastikan konten yang ada sudah memenuhi ketentuan dari Google AdSense.

Beruntunglah Indonesia bukan tergolong salah satu negara yang penduduknya diwajibkan untuk memiliki blog atau website (yang akan didaftarkan) yang berumur lebih dari 6 bulan. Sehingga kita dapat memperbaiki konten kita sesegera mungkin setelah ditolak. Tentunya akan sulit jika kita harus memperbaiki konten yang telah kita buat selama 6 bulan.

Salah satu pesan terakhir saya pada tulisan ini adalah jangan mempelajari AdSense setengah-setengah. Jika pembaca mempelajarinya secara menyeluruh seperti pedoman konten yang diterima AdSense, panduan tata letak iklan, pengoptimalan, dan lain sebagainya, maka saya yakin pembaca dapat diterima AdSense dengan sekali pengajuan.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

6 comments » Write a comment

  1. Dulu saya daftar adsense 2010 kalo nggak salah… Dan baru dipake tahun 2014 kemarin hihihihi… Maklum, dulu nggak punya blog sendiri

Leave a Reply