Review Modem Wifi Smartfren Andromax M2S

Salah satu kendala di daerah tempat saya tinggal adalah sinyal yang kurang stabil. Padahal lokasi tempat saya tinggal tergolong berada di samping kota. Sebagai anak muda yang mencoba menghemat pengeluaran, tentunya mencari provider dengan harga terjangkau ditambah sinyal yang bagus adalah prioritas utama. Apalagi sekarang, 1 ponsel tidak cukup. Saya perlu beberapa ponsel untuk keperluan pribadi dan kerja. Maklum saja, generasi sekarang tidak bisa terpisah dengan yang namanya internet. Oleh karena itu, pada suatu kesempatan saya menjajal Smartfren Andromax M2S milik teman saya.

Modem Wifi (Mifi) Smartfren Andromax M2S

Modem Wifi (Mifi) Smartfren Andromax M2S

Akhirnya setelah beberapa pertimbangan, usaha coba-coba saya menuntun saya untuk membeli modem wifi Smartfren Andromax M2S. Andromax M2S merupakan modem wifi / mifi Smartfren yang mendukung koneksi yang cepat di jaringan 4G LTE dengan harga yang terjangkau. Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 299.000 kita dapat memiliki mifi dengan bentuk praktis yang siap dibawa kemana-mana.

Apa saja yang didapat?

Di dalam dus yang ada Anda akan menjumpai unit mifi Andromax M2S, charger, buku panduan berbahasa Indonesia dan Inggris, kartu garansi, panduan registrasi, kartu Smartfren 4G LTE, dan greeting card.

Dengan harga Rp 299.000 Anda juga mendapatkan (jika promo masih berlaku) 1.5GB kuota utama + 3GB internet malam. Selain itu, Anda juga mendapatkan bonus 2GB setiap isi ulang minimal 100rb selama 12 bulan / 12 kali isi ulang.

Keunggulan?

Dengan harganya yang terjangkau dan pilihan paket yang lumayan pas di kantong, Mifi Andromax M2S ini memiliki beberapa keunggulan. Perangkat yang dapat dihubungkan dengan laptop, ponsel, tablet, dan perangkat yang mendukung wifi lainnya ini dapat menampung 15 koneksi sekaligus; jika Anda hanya menggunakan untuk keperluan sosial media, tidak akan ada kendala. Baterai 2000mAh mifi ini diklaim dapat bertahan selama 10 jam. 3 buah indikator yang ada di mifi Andromax M2S sangat membantu. Ada 3 buah varian warna di setiap lampu indikator yang ada; merah, hijau, dan biru. Mengubah pengaturan mifi ini juga sangatlah mudah dengan bantuan aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore dan App Store.

Bagaimana dengan kecepatannya?

Dengan kecepatan 4G, sudah tidak diragukan kecepatan mifi ini. Apalagi jika Anda sudah merasakan cepatnya 3G, 4G tentu lebih cepat. Dengan kecepatan segitu, untuk mengunduh aplikasi Android yang Anda miliki tidak akan memakan waktu yang lama.

Untuk melihat review aplikasi-aplikasi pilihan untuk Android, Anda dapat mengunjungi www.DisAplika.com

Kalau ada yang bilang provider A lebih cepat daripada provider B, Anda tidak boleh langsung menelan pendapat tersebut bulat-bulat. Kecepatan jaringan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya lokasi tempat Anda tinggal. Tidak harus berada di perkotaan, saya sendiri pernah mendapatkan sinyal yang lebih baik di daerah yang lumayan terpencil. Untungnya jangkauan Smartfren sudah lumayan baik.

Apa arti warna yang ada di lampu indikator mifi Smartfren Andromax M2S?

Untuk indikator sinyal LTE atau lampu yang berada di paling kiri terdapat 3 buah warna. Jika warna merah menyala terus, berarti mifi tidak terhubung dengan sinyal LTE / tidak ada kartu sim / kartu sim error. Jika Anda mengalami ini, coba lepaskan dan pasang lagi kartu sim. Jika masih tidak berhasil, coba hubungi provider. Jika lampu merah ini berkedip-kedip, itu menandakan sinyal LTE lemah; hijau berarti sedang, dan biru berarti sinyal baik.

Coba pindah tempat Anda menaruh mifi untuk melihat apakah ada perubahan warna sinyal.

Indikator yang berada di tengah adalah indikator wifi. Indikator berwarna merah jika terjadi situasi abnormal / wifi-nya error; hijau menandakan wifi bekerja tanpa adanya perangkat yang terhubung; sedangkan biru artinya wifi terhubung ke perangkat.

Modem Wifi (Mifi) Smartfren Andromax M2S

Modem Wifi (Mifi) Smartfren Andromax M2S

Indikator yang terakhir adalah indikator daya / baterai. Jika Anda sedang melalukan pengisian daya, warna merah akan berkedip dan ketika baterai sudah terisi penuh, warna biru akan menyala. Jika Anda tidak sedang melakukan pengisian daya, indikator warna akan seperti berikut: merah untuk baterai 0-20%, hijau untuk baterai 21-50%, dan biru untuk 50-100%.


Edit:

1/5/2016

Hasil Tes Kecepatan dari Ookla SpeedTest

Berikut ini adalah hasil tes kecepatan mifi Andromax M2S di daerah tempat saya tinggal. FYI, di tempat saya tinggal, sinyal lumayan susah untuk didapat.

Hasil Tes Kecepatan Andromax M2S Menggunakan Ookla SpeedTest

Hasil Tes Kecepatan Andromax M2S Menggunakan Ookla SpeedTest

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

9 comments » Write a comment

    • Bah jua. Mencari bahagia pake buku panduan. Jones jua nih

      Kda dapat mencari tempat komentar di blog km. Padahal jaringan lancar

  1. reviewnya menarik nih. tapi ada baiknya sampian menampilkan hasil speed test jua. sekira urang tahu tu nah seberapa hancap jaringan 4G di wadah ikam
    selebihnya mantap!

  2. mifi smartfren ku nyaman gasan main dota 2. lancar jaya bro. masih kuat dipake 2 leptop sekaligus gasan dota 2 diwaktu yang bersamaan. *kisah kada kenal lwn penulisnya* wkwkwkk
    mifi ini recommended deh menurut ku.

  3. Pingback: Membeli Xiaomi Mi4i di 2016? Why Not! - Hengki

Leave a Reply