Membeli Xiaomi Mi4i di 2016? Why Not!

membeli Xiaomi Mi4i di 2016

Banyak ponsel yang bisa menjadi pilihan untuk dibeli di 2016. Dari harga paling murah hingga harga paling mahal. Salah satu brand yang sekarang lumayan terkenal di Indonesia adalah Xiaomi. Bersaing dengan ponsel berspesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau merupakan salah satu keunggulan brand ini. Produk yang ditawarkan pun tidak tergolong murahan. Harga boleh murah, kualitas tetap terjamin. Desain yang ada pada produknya juga tidak terlihat murahan.

Ponsel Xiaomi pertama saya adalah Redmi 2. Ponsel ini sudah cukup bersaing dengan ponsel lain dengan harga yang sama. Produk Xiaomi memang membuat ketagihan. Saya mencoba naik ke ponsel dengan level selanjutnya dengan upgrade ke salah satu produk Xiaomi yang tidak kalah awesome, Xiaomi Mi4i.

Tampak depan Xiaomi Mi4i

Tampak depan Xiaomi Mi4i

Ups, ketahuan yang jadi background foto Xiaomi Mi4i adalah gitar kesayangan penulis.

Xiaomi Mi4i merupakan salah satu ponsel 4G yang dirilis pada tahun 2015. Dan saya masih merekomendasikan ponsel ini jika Anda sedang mencari ponsel dengan spesifikasi serupa di 2016. Kenapa? Simak uraian berikut.

Spesifikasi

Dimensi 138.1 x 69.6 x 7.8 mm
Berat 130 g
SIM Dual SIM (Micro-SIM, kedua SIM standby)
Chipset Qualcomm Snapdragon 615 Octa-core (generasi 2)
Internal 16/32 GB
Ram 2 GB
GPU Adreno 405
Kamera Depan 5 MP
Kamera Belakang 13 MP
Tipe Layar IPS LCD capacitive touchscreen
Ukuran Layar 5 inci
Resolusi Layar 1080 x 1920 pixels (kerapatan layar: ~441 ppi)
Proteksi Layar Corning scratch-resistant glass
Baterai Li-Ion 3120 mAh (tidak bisa dilepas)

Si tipis dengan desain yang elegan.

Sekarang ini sudah zamannya ponsel tipis. Mi4i dengan ketebalan 7.8 mm ini pun sudah bergaya modern. Desain matte yang ada di bagian body belakang Xiaomi Mi4i membuat ponsel ini nyaman digenggam. Mungkin bahan seperti ini akan menginatkan Anda dengan ponsel Redmi 2. Meskipun bobotnya tergolong ringan, 130g, anda tidak perlu takut terjadi selip ketika memegang ponsel sebesar 5 inci nan tipis ini. Walaupun Anda menambahkan case, ponsel ini masih terlihat tipis. Walaupun tidak tergolong flagship, desain ponsel ini masih tergolong mewah.

Anda akan menemukan tombol power dan volume di bagian kanan. Letaknya masih tergolong mudah dijangkau tangan yang mungil seperti saya. Tempat meletakkan kartu SIM ada di sebelah kiri. Kamera dan flash berada di pojok kiri atas belakang ponsel ini. Sedangkan bagian atas terdapat colokan headset dan microUSB port berada di bagian bawah. Sangat terlihat elegan.

Desain tipis & elegan Xiaomi Mi4i

Desain tipis & elegan Xiaomi Mi4i

Layarnya Xiaomi Mi4i ini sudah dibekali dengan Corning scratch-resistant glass. Resolusi yang diusung adalah 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan ~441 ppi. Sudah terbayang kan ketajamannya? Yang jelas ponsel dengan dukungan multitouch ini sudah bisa mengalahkan ketajaman layar ponsel dengan harga yang sama.

Performa

Meskipun bukan tergolong ponsel flagship, Xiaomi Mi4i sudah mempunyai performa yang lumayan bagus. Hasil performa menggunakan Antutu juga mengagumkan, 40253. Dengan CPU 64 bit, ponsel ini diklaim dapat memproses data lebih baik. Saya bukan seorang gamer, tetapi menurut beberapa sumber, bermain game dengan ponsel ini sudah lumayan nyaman dengan dukungan Adreno 405. Bagi saya yang merupakan pengguna normal, ponsel dengan performa seperti ini sudah memumpuni untuk penggunaan media sosial dan beberapa aplikasi lainnya yang saya gunakan.

Kita sendiri tahu bahwa zaman sekarang, menemukan smartphone dengan ketahanan baterai yang lama adalah lumayan sulit. Rata-rata ponsel sekarang, dengan pemakaian intens, Anda perlu melakukan pengisian daya 2 kali. Jika melihat besarnya kapasitas baterai yang tertanam di Xiaomi Mi4i (3120 mAh), Anda sudah dapat membayangkan bagaimana ketahanannya. Saya sendiri merasakan bahwa baterai Xiaomi Mi4i ini tergolong awet. Menurut situs resmi Xiaomi, Xiaomi Mi4i dapat bertahan 11 jam untuk memutar video HD, 35jam untuk berbicara / telpon di jaringan 3G, dan 59 Jam jika dipakai untuk mendengarkan music. Hal tersebut tentunya juga tergantung dengan aplikasi yang berjalan, kondisi jaringan di tempat Anda, dan lain-lain.

Mungkin Anda ingin membaca pernagkat 4G lainnya di Review Modem Wifi Smartfren Andromax M2S

Kamera

Hasil bidikan Xiaomi tergolong bagus. Apalagi jika Anda membandingkannya, lagi, dengan ponsel dengan harga setara. Dengan kamera Sony 13 MP, aperture f/2.0, serta flash dengan dual-tone memotret dalam keadaan minim cahaya tergolong bagus.

Nah, untuk yang hobi selfie, kamera 5 MP dengan bantuan mode beauty-nya dapat menjadikan wajah mulus. Bagus sekali nih buat para cewek yang hobi pasang foto di Instagram. Teman saya yang cewek saja setelah memakai Xiaomi Mi4i, dari yang awalnya pendiam, jadi hobi gonta-ganti DP di BBM.

hengkidh's Mi4i album on Photobucket

Masih pantaskah Xiaomi Mi4i dibeli di 2016 ini?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah, pantas. Dengan spesifikasi yang dimilikinya dan harga yang lumayan terjangkau, ponsel ini masih dapat bertahan dengan pembaharuan aplikasi-aplikasi saat ini dan mungkin akan tetap bertahan 1 atau 2 tahun kedepan melihat perkembangan aplikasi yang lumayan pesat. Kelemahan ponsel ini hanya ada pada kurangnya dukungan microSD. Tetapi, ukuran 16 GB sudah cukup bagi pemakaian sehari-hari. Apalagi zaman sekarang sudah zamannya cloud. Banyak sekali penyimpanan online yang tersedia dan juga terdapat banyak dukungan aplikasi yang mempermudah transfer dari ponsel ke computer dengan mudah, bahkan tanpa kabel alias wireless. Over all. It is worth to buy in 2016.

Ponsel 5 inci, Xiomi Mi4i

Ponsel 5 inci, Xiomi Mi4i

Sekarang, saya tinggal memikirkan ponsel apa yang akan saya gunakan untuk keperluan kantor. Will it be Xiaomi?


Edit:

Harga baru Xiaomi Mi4i (10 Mei 2016) berdasarkan informasi situs resmi Mi Indonesia adalah Rp 2.599.000.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

15 comments » Write a comment

  1. xiaomi emang mantap lah sob (y) ane suka sama kameranya yg bagus, selain itu harganya juga yg murah dan dapat spek yg bisa dibilang joss gandosss :v

  2. Waaa tapi aku sudah bisi Xiaomi Redmi 2, sih.
    Handak merasai yang lain pulang. Lawan masih bagus aja barangnya walaupun sudah setahun di pakai hehe..
    Kenapa kada sekalian mencantumkan harganya mas? Biar lebih lengkap sikit reviewnya hehe..

Leave a Reply