Cara Membuat Iklan di Facebook

Membuat iklan di Facebook adalah salah satu cara terbaik meningkatkan penghasilan dari bisnis Anda. Kenapa? Karena Facebook merupakan salah satu tempat beriklan yang baik. Hal tersebut tidak lepas dari jumlah pengguna Facebook yang semakin hari semakin banyak. Sekarang, beriklan dengan Facebook pun semakin mudah; tidak perlu kartu kredit, Anda bisa menambahkan saldo untuk beriklan dengan transfer melalui ATM. Berikut ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat iklan di facebook dengan mudah untuk pemula dari tahap persiapan hingga iklan rilis.

1. Persiapan cara membuat iklan di Facebook

Langkah pertama dalam cara membuat iklan di Facebook adalah persiapan. Yang pertama dan wajib Anda pelajari adalah apa saja yang boleh dan apa saja yang tidak boleh Anda lakukan dalam membuat iklan. Penting, karena Facebook sendiri adalah perusahaan besar, Anda harus taat dengan aturan yang mereka buat. Tentunya aturan itu akan memudahkan Anda sendiri nantinya dalam beriklan. Peraturan dapat berubah setiap saat, pastikan Anda melihat-lihat kebijakan beriklannya sesering mungkin (penulis sendiri melakukannya setiap 2 minggu). Anda dapat membacanya di sini: Kebijakan Periklanan Facebook. Ubah ke Bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda.

Menyiapkan Facebook Page (jika belum punya); mungkin Anda sering mendengarnya dengan kata fans page. Jika Anda ingin mengiklankan barang, mungkin, Anda dapat membuat Page seperti “Baju Kekinian” yang akan merepresentasikan bisnis Anda. Belum punya? bikin sekarang, isi dengan konten yang menarik, dan ajak teman atau kerabat Anda untuk menyukai (like) halaman Anda.

2. Pemasangan Iklan Pertama Anda

Masuk ke Pengelola Iklan. Pada tahap ini, Anda sudah siap untuk membuat iklan pertama Anda. Caranya? Buka Facebook Anda, kemudian tekan tanda panah ke bawah (di samping tanda kunci yang ada di pojok kanan atas) dan tekan Buat Iklan. Akan ada beberapa pilihan iklan apa yang Anda inginkan seperti: Interaksi Kiriman Halaman, Suka Halaman, Klik ke Situs Web, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda karena setiap jenis iklannya akan memerlukan penanganan yang berbeda.

Sebagai contoh, saya ingin membuat iklan “Klik ke Situs Web”. saya akan klik “Giring orang ke situs web Anda”. Kemudian saya akan mengisi nama kampanyenya dengan “Klik Website Promo Baju Kekinian”. Setelah itu kita akan digiring ke pemilihan pemirsa atau siapa saja yang Akan menerima iklan kita. Nah, sampai di sini, Anda harus jeli. Agar iklan Anda maksimal, pilihlah pemirsa yang sesuai, bisa tergantung usia ataupun lokasi calon pelanggan Anda. Di bagian ini juga Anda dapat mengelola anggaran Anda; bisa anggaran secara harian atau terjadwal.

Langkah selanjutnya adalah membuat format iklan yang akan Anda tampilkan. Untuk iklan klik ke website, ukuran gambar yang direkomendasikan adalah: 1.200 x 628 piksel dengan sedikit teks atau tanpa teks di dalamnya. Untuk ukuran iklan lain, Anda dapat bertanya di kolom komentar. Sedikit? Benar! Jangan menaruh banyak teks, karena jumlah teks akan mempengaruhi penayangan iklan Anda. Jika Anda tidak menyediakan gambar, Facebook juga menyediakan stok gambar untuk Anda gunakan secara geratis. Selain itu Anda akan dipandu untuk mengisikan Judul dan Teks yang akan tampil di Iklan Anda. Tips dari saya adalah gunakan sedikit teks dan maksimalkan. Langkah terakhir adalah klik Lakukan Pemesanan.

Cara Membuat Iklan di Facebook

Cara Membuat Iklan di Facebook

Pilih metode pembayaran Anda. Untuk pembayaran, Anda dapat memilih melalui ATM dan Bank Transfer jika Anda belum mempunyai kartu kredit. Untuk pembayaran melalui ATM, Anda akan dikirimkan langkah-langkah cara pembayarannya. Pastikan Anda mengikutinya.

3. Pantau Iklan yang Telah Anda Buat

Kesuksesan Anda beriklan adalah bagaimana feedback yang Anda dapat. Jika Anda merasa iklan Anda kurang mendapatkan respon, Anda dapat mulai memperhatikan bagaimana Anda menyampaikan iklan Anda. Perhatikan juga gambar yang Anda gunakan sebagai iklan. Seperti saya bilang sebelumnya, jika terlalu banyak teks yang mengganggu, itu juga akan berpengaruh pada orang yang melihat iklan Anda. Termasuk penargetan pemirsa. Pastikan iklan Anda dilihat orang yang tepat.

Terkadang membuat iklan di facebook merupakan hal yang sulit bagi Anda, karena Anda harus lebih teliti dalam segala hal. Mulai dari persiapan pembuatan gambar, pembayaran, dan lain sebagainya. Ada cara yang lebih mudah? Ada. Anda tidak perlu repot memahami cara membuat iklan di Facebook. Anda cuma perlu menghubungi pihak ketiga seperti penyedia jasa pembuatan iklan.

Selain beriklan di Facebook, Anda juga dapat mencoba beriklan di Google Ads. Untuk perbedaannya, Anda boleh mencoba membaca artikel ditulis oleh Partner Iklan, cara membuat iklan di Facebook. Tentunya dengan memaksimalkan beriklan di internet, bisnis Anda akan berkembang lebih baik dan jika tidak mau repot, gunakan jasa dari pihak ketiga.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

4 comments » Write a comment

  1. Hmmm.. iklan di dalam iklan? Iklan-caption nih!
    Aku belum pernah nyoba iklan di facebook nih.. Pengaruhnya banyak ga ya kira2?

Leave a Reply