Tips Mengajar di Depan Kelas Untuk Pertama Kali

Tidak terasa, sudah dua tahun lebih mendapatkan gelar sarjana. Masih ingat rasanya menjadi mahasiswa ULM di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ilmu yang didapat sangat bermanfaat sekarang dan selamanya. Walaupun aku bekerja bukan sebagai pengajar, tetapi, pekerjaanku saat ini erat hubungannya dengan bagaimana mengelola kelas alias berhadapan dengan siswa.

Kalau bisa dibilang, pekerjaanku merupakan hobi yang dibayar. Aku berkesempatan untuk presentasi di depan orang banyak, membuat desain, internet marketing, dan lain sebagainya. Alhamdulillah, semoga rezeki selalu mengalir deras melalui hobi-hobiku.

Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi tips mengajar di depan kelas. Cocok sekali bagi kamu, yang mungkin baru mulai micro teaching. Simak uraiannya.

1. Kuasai materi yang akan kamu ajarkan

Ini adalah hal yang sangat penting. Kenapa? Karena jika kamu tidak menguasai materi apa yang akan diajarkan, kamu akan tambah gugup, keringatan, dan pingsan. Eh, belum pernah sih sebenarnya aku melihat orang yang pingsan. Kalau kamu pernah pingsan, boleh deh diceritakan di sini.

Menguasai Materi Ajar

Menguasai Materi Ajar

Penguasaan materi sangatlah penting. Kamu akan lebih percaya diri dan tidak akan kaku, bahkan mungkin blank ketika berada di depan kelas. Caranya pun gampang. Kamu hanya perlu mempelajari ulang dan mungkin bertanya kepada teman kamu yang lebih mengerti atau cara paling gampang – Googling. Jangan sesekali maju tanpa mengetahui tentang materi apa yang akan kamu ajarkan.

2. Persiapkan apa saja yang digunakan saat mengajar

Jangan sampai tergesa-gesa! Banyak hal buruk yang bisa terjadi karena  tergesa-gesa seperti ketinggalan kertas soal, alat bantu mengajar, dan lain sebagainya. Kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan terhadap barang-barang yang akan kamu gunakan.

Jangankan tertinggal kertas soal yang akan kamu gunakan, ketinggalan pulpen saja bisa membuat kamu bertambah gugup. So, jangan lupa untuk menyiapkan semuanya.

3. Belajarlah di depan cermin

Tidak harus menghapal semua dialog standar seorang guru seperti “Selamat pagi anak-anak! Bagaimana kabar kalian?”. Belajarlah improvisasi di depan cermin. Perhatikan cara kamu berbicara. Dengan belajar di depan cermin, kamu akan mendapatkan bayangan langsung bagaimana nanti kamu berada di depan kelas. Kamu dapat memperbaiki apa saja yang kurang. Mungkin, seperti cara kamu menggerakkan tangan kamu.

4. Pahami dan gunakan media pembelajaran yang menarik

Banyak media pembelajaran yang dapat kamu gunakan untuk mengajar di depan kelas. Contohnya menggunakan permainan komputer sebagai media pembelajaran. Pastikan kamu sendiri memahami betul cara memainkannya. Akan lebih baik jika media yang kamu gunakan dapat digunakan juga oleh siswa alias terjadi interaksi antara siswa dengan media.

Gunakan media pembelajaran yang bervariatif. Jangan hanya bertumpu pada satu media. Sebagai contoh menggunakan video sebagai media secara terus menerus. Walaupun videonya bervariatif, terkadang siswa merasa bosan dan kamu menjadi orang yang gampang ditebak. “Ah si Bapak pasti muterin video lagi nih di kelas”.

5. Tampillah percaya diri

Setelah mempersiapkan beberapa hal di atas, tentunya kamu akan lebih percaya diri. Jika belum, maka kamu harus. Jika kamu percaya diri, kamu akan lebih relaks dan nyaman dalam memberikan materi pelajaran.

Tanyakan kepada diri kamu sendiri “Apa yang membuat aku tidak percaya diri?”. Jika itu adalah hanya karena kamu belum pernah sama sekali mengajar di depan kelas, buang rasa itu jauh-jauh. Semua orang pernah memulai sesuatu dari awal. Masih belum bisa? Jangan menyerah! Tidak ada kata terlambat untuk bisa.

Kalau kamu kurang percaya diri dengan penampilan kamu, misal saja kamu merasa agak gendutan, kamu bisa mencoba tips cara menurunkan berat badan versi L-Men.

Nah, cukup sekian tips yang dapat aku berikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa penguasaan, persiapan, media, dan tetap percaya diri. Seperti biasa, jika kamu mempunyai tips mengajar di depan kelas, mari berbagi.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

Leave a Reply