Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah

Sebentar lagi sudah waktunya masuk kuliah. Bagaimana liburan panjang kamu? Sudah siap menghadapi perkuliahan? Tulisan kali ini aku buat untuk adik-adik semua yang akan menjadi mahasiswa dalam waktu dekat. Bagi yang merasa mahasiswa, tapi belum lulus-lulus, cepat bertobat Haha. Di bawah ini kamu akan menemukan beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum masuk kuliah.

1. Kamu akan kangen masa-masa bangun pagi

Beberapa kampus tidak memiliki jadwal kuliah marathon seperti layaknya kamu berada di SMA. Kamu mungkin kuliah pagi 2 jam, kemudian jam kuliah berikutnya ada di sore hari. Selain itu mungkin juga kamu akan menemui jam kuliah sore saja. Ah, bakalan tambah males nih bangun pagi. Walaupun tidak menutup kemungkinan kamu nantinya akan menemui jam perkuliahan yang tetap. Misalnya kamu harus tetap sudah ada di kelas jam 8 pagi – 3 sore. Contohnya di Politeknik Hasnur, kamu mungkin akan familiar dengan jam belajar SMA. Beberapa kampus seperti Politeknik Hasnur menerapkannya agar mahasiswa lebih terbiasa dengan jam kerja nantinya.

2. Kelasnya berpindah-pindah alias moving class

Moving class berarti kamu akan berada di kelas yang berbeda dan mungkin teman yang berbeda tergantung kamu mengambil mata kuliah apa. Kamu memiliki kesempatan menjadi ketua kelas di beberapa kelas sekaligus. Nah, cocok sekali untuk kamu yang hobinya jadi leader dan cari perhatian (Eh, maap, bukan emosi). Enaknya, kamu dapat merasakan sensasi ruangan yang berbeda dan tidak menjenuhkan. Meskipun kadang bete jika harus masuk ke kelas yang kurang oke, seperti kelas tanpa AC, ventilasi, jendela atau pintu. Enjoy saja, tapi jangan suka ngerjakan pekerjaan rumah di hari pengumpulannya, apalagi mengerjakannya di kelas.

A photo posted by Hengki Dwiyan (@hengkidh) on

Terkejut lihat dosen datang ketika asik mengerjakan PR.

3. Kamu bakal bertemu banyak orang dan lebih sering mendengar kata “pulang kampung”

Jika kamu biasanya bertemu dengan teman-teman satu daerah atau satu kampung, ketika kuliah kamu bakal menemui teman-teman yang berasal dari luar daerah. Tentunya kamu akan menemukan karakter-karakter orang yang berbeda, pengalaman baru, atau mungkin logat baru. Oleh karena itu, kamu nantinya akan sering mendengar kata “gue pulang kampung ye!”. Nasib nih bagi kalian yang gak punya kampung halaman untuk didatengin. Maksudnya, kalian kuliah di tempat tinggal kedua orang tua kalian. Bagi kamu yang bernasib seperti itu, tidak apa-apa! Cari orang yang kampungnya bisa buat kamu pulangin. If you know what i mean!

4. Yang dulu harus baju seragam setiap hari, siap-siap pakai baju warna-warni

Sepatu warna-warni

Sepatu warna-warni

Cocok sekali nih untuk kalian yang pengen tampil modis. Ketika kuliah, kalian tidak perlu pakai seragam setiap hari. Biasanya kampus memperbolehkan memakai baju dan sepatu warna-warni tapi tetap harus sopan (dan berkerah – untuk beberapa kampus). Bahkan ada nih temanku yang di kelas pakai jas segala; padahal pengap. Salah satu tips, kalau bisa baju kamu bervariasi. Jika kamu penggemar warna hitam, seperti aku, variasikan antara kaos berkerah dan kemeja berkerah berbagai model kalau tidak mau dibilang memakai baju itu-itu saja. Untuk sepatu, kalau bisa jangan pakai sepatu itu-itu saja. Coba lihat-lihat sepatu all star yang keren-keren.

Cukup 4 poin saja. Sisanya harus kamu temukan sendiri. Pokoknya, kamu akan kangen dengan masa-masa SMA kamu yang bahagia itu. Eh, tapi, jangan salah, masa-masa kuliah pun tidak kalah menariknya. Salah satu saran dari aku, kuliah yang benar, cepat lulus, cepat cari kerja dan menikah.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

Leave a Reply