Tips Menghadapi Wawancara Masuk Kuliah

Wawancara Kuliah

Sebagian orang, mungkin, masih mencari tempat kuliah. Jika kamu berada di Banjarmasin dan sekitarnya, kamu masih akan menemui kampus yang membuka pendaftaran. Cara masuknya pun berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan tes tertulis, ada juga yang menambahkan tes wawancara. Tidak ada salahnya buat kamu untuk mempersiapkan keduanya. Di bawah ini tips menghadapi wawancara masuk kuliah.

1. Persiapaan apa saja yang mungkin akan ditanyakan

Kebanyakan, yang akan ditanyakan adalah tentang diri kamu sendiri, tapi persiapkan jawaban untuk pertanyaan seputar kampus yang akan kamu masuki. Usahakan kamu menjawab dengan jujur tentang diri kamu. Pewawancara akan menilai sebijak mungkin. Jadi, kamu tidak akan masuk ke jurusan atau kampus yang salah. Untuk pertanyaan lainnya, kemungkinan besar akan seputar kampus yang kamu masuki. Kamu harus mempelajari, paling tidak seputar program studi atau jurusan yang kamu pilih. Jangan sampai jonk ketika kamu ditanya tentang sekilas apa yang nanti akan kamu pelajari di jurusan idamanmu.

2. Jangan lupa sarapan

Sangat penting – jangan sampai kamu lupa sarapan, atau mungkin lupa mandi. Jika perut kamu kosong, kemungkinan blank saat wawancara akan semakin tinggi. Apalagi jika kamu mengidap penyakit magh. Jangan sampai kamu pingsan ketika ditanyai oleh pewawancara.

Pastikan juga asupan makanan kamu cukup jika harus menghadapi wawancara di siang hari. Jika kamu gampang lapar, bawa saja bekal untuk dimakan nantinya.

3. Datang dengan rapi

Terlihat rapi ketika wawancara sangatlah penting; apalagi ketika kamu ingin masuk kuliah. Jangan sampai pewawancara mencoret namamu bahkan sebelum kamu duduk di kursi wawancara. Cukurlah rambut dan jenggot atau, paling tidak, rapikan rambut kamu. Selain itu, pastikan kamu memakai baju yang sopan atau baju yang disarankan oleh kampus. Meskipun baju kamu sangat rapi tapi warnanya tidak sesuai dengan apa yang kampus minta, itu juga akan mengurangi nilai kamu. Selain itu jangan lupa untuk menggosok atau mencuci bajunya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan sabun deterjen rinso agar lebih bersih ketika mencucinya.

4. Datang sebelum waktu

Don’t be late! Jangankan datang terlambat, terburu-burupun kamu tidak boleh. Terburu-buru akan membuat konsentrasi kamu tidak karuan. Kalau bisa kamu hadir 1 jam sebelumnya di tempat wawancara. Kamu dapat memantapkan persiapan atau istirahat sejenak agar dapat menenangkan pikiran.

5. Beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika wawancara

Kontak mata dengan pewawancara

Pastikan ada kontak mata antara kamu dan pewawancara. Jika kamu terlalu gugup untuk melakukan itu, belajarlah sebelumnya. Jangan sampai juga kamu melamun atau tidak fokus kepada pewawancara. Beri pewawancara tatapan yang mantap.

Jangan kaku, tersenyumlah

Jangan terlalu kaku ketika sedang diwawancarai; apalagi kalau kamu sampai tidak tersenyum sama sekali. Senyum kamu membawa kesan percaya diri. Walaupun kamu kurang percaya diri, tetaplah tersenyum. Apalagi kalau habis diputusin pacar #tsah.

Perlihatkan semangat kamu

Jangan loyo ketika diwawancarai. Kamu harus tetap terlibat penuh dalam pembicaraan. Berikan jawaban-jawaban yang mantap. Meskipun singkat, tapi jelas. Jangan juga kamu ngomong ngalor-ngidul atau bercerita tentang hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan pertanyaan. Berikan jawaban yang mudah dimengerti oleh pembicara.

6. Persiapkan pertanyaan

Bertanya kepada pewawancara juga menandakan kalau kamu serius dengan kampus yang kamu daftar. Berikan beberapa pertanyaan. Walaupun pertanyaan sederhana seperti “Jika diterima nanti, kapan kira-kira perkuliahan akan dimulai?”.

Bersiaplah Menjadi Mahasiswa

Bersiaplah Menjadi Mahasiswa

That’s all from me. Untung tips lainnya, kamu juga bisa bertanya dengan orang-orang yang sebelumnya telah diterima di kampus yang kamu tuju. Jangan lupa untuk percaya diri dan mengucapkan “Terimakasih” setelah selesai wawancara. Good luck!

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

Leave a Reply