Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belanja Online

Siapa sih yang belum pernah belanja online. Aku yakin kamu sudah pernah belanja online baik melalui media sosial atau melalui aplikasi belanja online. Salah satu keuntungan berbelanja online adalah kamu dapat membeli barang tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Tapi sebagai seorang online shopper yang bijak, jangan sampai kamu terlena dan mengeluarkan banyak uang. Haha. Hari ini aku akan berbagi beberapa cara aman agar kamu semakin nyaman berbelanja online.

Kenali media kamu berbelanja online

Sekarang ini sudah banyak cara berbelanja online. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi belanja online yang ada di ponsel kamu. Setiap aplikasi punya fitur atau keunggulan yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya kamu dapat mencoba beberapa aplikasi atau membaca-baca ulasan aplikasi tersebut di internet. Misalnya saja, salah satu keunggulan dari sebuah aplikasi adalah fitur tracking barang yang kita pesan. Dengan mengetahui fitur dari aplikasi, kamu bisa memilah-milih sendiri aplikasi sesuai kebutuhan kamu.

Cari ulasan tentang si penjual

Inilah salah satu keuntungan belanja online menggunakan aplikasi ponsel. Di beberapa aplikasi, kamu bisa melacak ulasan tentang si penjual. Kamu dapat melihat komentar ataupun penilaian terhadap si penjual. Jika kamu menemukan penjual dengan banyak penilian buruk, kamu dapat berpikir ulang untuk membeli barang dari lapak penjual tersebut.

Lihat ulasan si penjual

Lihat ulasan si penjual

Jika kamu tidak menemukan penilaian atau ulasan si penjual di situs atau aplikasi tempat kamu ingin membeli produk si penjual, coba gunakan kemampuang mbah Google dengan mengetik “pengalaman membeli di toko A” atau beberapa kata kunci lainnya.

Jangan sembarang menekan tombol beli

Kebanyakan orang yang baru mulai berbelanja online sering melakukan ini. Mereka langsung menekan tombol beli setelah melihat-lihat sebentar dan menganggap semua toko online itu sama. Jika ada fitur untuk menghubungi penjual (baik di situs maupun di aplikasi), sebaiknya kamu menanyakan langsung ketersediaan barang yang akan kamu beli. Selain melalui fitur yang ada di situs atau aplikasi, kamu bisa menghubungi penjual secara langsung melalui kontak yang tersedia.

Ada harga ada barang

Ini benar adanya. Jangan sekali-sekali percaya jika ada penjual yang menjual barang dagangannya dengan harga yang ‘kelewat’ murah. Kenapa? Karena biasanya yang seperti ini penipuan. Kamu harus bisa menilainya sendiri jika menemukan harga dengan sangat miring, yang bahkan terlihat sangat tidak mungkin. Sekarang kan sudah sangat mudah untuk melakukan pengecekan harga.

Pastikan pembayaranmu aman

Salah satu hal yang ditakutkan oleh orang yang belanja secara online adalah ketika dia telah melakukan transfer uang, tapi barang tidak kunjung datang alias tidak dikirim oleh si penjual. Sekarang banyak situs atau aplikasi yang berperan sebagai perantara antara penjual dan juga pembeli. Jadi, jika barang yang kamu pesan tidak kunjung datang, kamu bisa menghubungi situs atau aplikasi yang menjadi perantara. Apabila si penjual tidak memiliki bukti dia telah mengirimkan barang, kamu akan mendapatkan uang kamu kembali alias refund.

Selain itu, sekarang belanja online sudah sangatlah mudah. Di minimarket pun bahkan menjual semacam voucher yang dapat kamu gunakan untuk berbelanja online di situs-situs tertentu. Kamu juga bisa mencoba alat pembayaran non tunai.

Tidak menemukan beberapa hal di atas? Ya, kadang penjual baru saja berjualan. Tidak menutup kemungkinan kamu tidak menemukan ulasan tentang si penjual. Tetap berhati-hati dan waspada. Penipuan tidak hanya terjadi karena ada kesempatan, tapi ketika kamu kurang teliti #eh.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

1 comment » Write a comment

Leave a Reply