Pengalaman Mengandung Anak Pertama

Dua tahun yang lalu saya telah merasakan bahagianya mengetahui bahwa saya tengah mengandung anak pertama. Tepatnya Bulan September 2014 saya dinyatakan positif hamil. Trimester pertama saya merasa tidak ada perubahan yang mencolok pada diri saya, namun memasuki trimester kedua (tepatnya minggu ke 13) saya mulai merasa ada yang berbeda, hal-hal yang jarang bahkan tidak pernah saya rasakan terjadi saat itu, setiap pagi saya merasakan kantuk yang luar biasa, padahal saat itu saya harus bekerja, nampak jelas juga terlihat pada perubahan pola makan yang saya rasakan, saat itu saya benar-benar menyukai makanan tertentu dan untungnya makanan yang saya inginkan mudah didapat.

Sekedar tips saja, saat kita memeriksakan kandungan di klinik bidan atau dokter, sebaiknya kita yang aktif bertanya karena terkadang sebagian bidan atau dokter hanya memeriksa sekedarnya saja, tanpa memberi komentar apapun, tidak ada salahnya kita aktif bertanya tentang bagaimana kesehatan janin kita, kesehatan kita, makanan apa yang dihindari dan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk masa kehamilan kita serta olahraga dan kegiatan apa yang sebaiknya kita ikuti, karena beda usia kandungan dan usia ibu beda pula cara penanganannya. Alhamdulillah saat masa kehamilan kesehatan saya baik-baik saja, tetapi memasuki bulan kelima bayi saya katanya sungsang (posisi terbalik), nah jadi saya mintalah tips kepada dokter tentang apa yang harus saya lakukan untuk mengembalikan bayi ke posisi seharusnya.

Baby (sumber: pixabay.com)

Baby (sumber: pixabay.com)

Kebanyakan ibu hamil biasanya mengalami gejala mual dan muntah, atau yang biasa disebut morning sickness dan tentunya saya juga mengalami hal yang serupa, di bulan ketiga masa kehamilan saya merasakan mual dan ingin muntah, tetapi saya beruntung karena datangnya tidak pagi melainkan sore hari.  Pada masa kehamilan tentunya saya juga menjaga nutrisi dan daya tahan tubuh, karena saya memang harus ke kantor setiap harinya, namun hal tersebut tidak menghambat aktifitas saya terlalu banyak, saya mengimbanginya dengan minum susu untuk ibu hamil. Sekarang banyak susu ibu hamil yang tersedia dipasaran dengan berbagai merk dan varian rasa, salah satunya adalah Lactamil. Susu Lactamil adalah susu ibu hamil yang kaya akan vitamin, mengandung asam folat dan kalsium yang tinggi untuk membantu memelihara perembangan dan pertumbuhan janin serta mengandung zat besi untuk mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Produk Lactamil sendiri mengeluarkan dua jenis susu untuk ibu hamil, yaitu Lactamil Inisis dengan varian rasa madu dan coklat serta Lactamil Pregnasis dengan varian rasa vanila, coklat dan stroberi. Tips selanjutnya, pada masa awal kehamilan bunda sebaiknya mengurangi aktifitas berat, menjaga kondisi agar tidak terlalu lelah adalah hal yang tepat, dan apabila bunda memasuki masa morning sickness sebaiknya pilihlah susu yang mengandung Vitamin B6 yang tinggi untuk mengurangi rasa mual dan pilihan yang tepat adalah Lactamil Inisis, karena Lactamil Inisis mengandung 295% Vitamin B6 (Piridoksin) yang berfungsi untuk mengurangi rasa mual bunda dan jangan lupa untuk memilih varian rasa yang disukai, belilah susu dengan kemasan terkecil dulu, agar apabila rasa tidak sesuai dengan selera bunda bisa beli lagi dengan varian rasa yang lain, karena terkadang saat hamil sesuatu yang kita rasa enak bisa saja menjadi kurang enak atau sebaliknya. Manfaatnya sangat banyak, anda bisa membaca di sini: manfaat susu ibu hamil. Selanjutnya apabila bunda sudah tidak merasa mual lagi bisa saja bunda konsumsi Lactamil Pregnasis dengan varian rasa berbeda. Sekian dulu pengalaman dan beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat untuk bunda. Selamat menikmati masa-masa kehamilan anda, karena kehamilan bukan hanya sekedar anugerah, tetapi juga sebagai bagian dari perjalanan hidup seorang bunda.

ditulis oleh
Fitria
Accounting Staff of Politeknik Hasnur

Leave a Reply