Review Seiko SNK807K2 – Jam Tangan Otomatis untuk Kamu yang Punya Pergelangan Tangan Kecil

Seiko SNK807K2 merupakan salah satu jam tangan otomatis sejutaan yang cocok untuk kamu yang memulai berpindah dari jam bertenaga baterai ke automatic movement. Atau untuk kamu yang mulai jadi penggemar baru the art of craftsmanship karena kamu dapat melihat mekanikal yang menggerakkan jam ini pada bagian belakang case yang memiliki desain transparan. 

Spesifikasi Umum

Brand Seiko
Model SNK807
Dial window material Hardlex
Clasp Buckle
Case Stainless steel
Case diameter 37mm
Case Thickness 10mm
Band material Canvas
Band width 17mm
Band color Blue
Dial color Blue

Desain dan Fungsionalitas

Jam yang tergolong murah daripada seri Seiko yang lainnya ini memiliki desain yang tidak murahan. Jika kamu tergolong orang yang tertarik pada jam dengan desain yang sederhana tetapi tidak terlalu flat, jam ini merupakan pilihan yang tepat.

Seiko 5 SNK807K2 Tampak Depan

Seiko 5 SNK807K2 Tampak Depan

Desain case mengusung ala-ala millitary watch dengan desain sederhana. Bagian depan terdapat brushed-finish atau mungkin dapat aku bilang matte yang tidak akan membuat sidik jari kamu menempel. Jam ini juga tahan terhadap karat, so kamu tidak perlu takut jika kehujanan ketika memakainnya. Pada bagian belakang jam ini kamu dapat melihat mesin yang menjalankan jam melalui desain berjenis see-through. Corwn yang berfungsi sebagai pengatur waktunya ada pada posisi jam 4; mungkin biasanya kamu menemukannya pada pukul 3. Letak crown ini lumayan (sedikit) menguntungkan untuk kamu yang memakai jam tangan di pergelangan tangan kiri karena penempatan crown seperti ini dapat sedikit menghindarkan tangan kamu terkena crown.

Jam ini tergolong jam ‘kecil’. Karena ukuran case-nya yang hanya sebesar 37mm, beberapa penjual menggolongkannya sebagai jam unisex (cocok dipakai untuk pria dan wanita). Jika kamu adalah salah satu orang yang berpergelangan tangan kecil, tentunya hal ini bukanlah masalah. Eh, tapi jika kamu melihatnya di YouTube, kamu akan menemukan bule-bule yang mempunyai pergelangan tangan cukup besar memakainya. Strap-nya juga tergolong kecil, 18mm. Aku sendiri sempat sedikit kesusahan menemukan strap yang keren karena kebanyakan ukuran yang kutemukan adalah 20mm keatas.

Seiko 5 SNK807K2 Tampak Belakang dan Contoh Pemakaiannya pada Pergelangan Tangan

Seiko 5 SNK807K2 Tampak Belakang dan Contoh Pemakaiannya pada Pergelangan Tangan

Warna pada strap jam ini selaras dengan dial ketika pembelian; Untuk seri SNK807K2 warnanya adalah biru. Jika kamu adalah orang yang gampang bosan, kamu dapat mencoba membeli strap variasi. Salah satu opsi paling mudah untuk bergonta-ganti strap tanpa harus melepas spring bar atau besi yang menghubungkan case dengan strap adalah dengan membeli strap berjenis nato / zulu. Cara mengganti strap berjenis nato / zulu sangatlah mudah dan bisa kamu lakukan kurang dari 5 menit.

Untuk mengganti strap, kamu dapat menggunakan sebuah obeng khusus (strap remover) yang dapat kamu temukan di toko jam lokal / online dengan harga kisaran Rp 20.000. Dengan alat ini akan lebih mudah untuk melepaskan strap jam tangan. Tutorialnya pun juga cukup banyak di YouTube. Jika kamu masih ragu, kamu bisa datang ke toko jam lokal untuk melepas dan memasangkan strap yang baru. Aku sendiri pernah berkali-kali mengganti strap tanpa meninggalkan goresan, tapi, ada kalanya lagi apes dan menggores bagian dalam lug jam tangan. Haha. No scratches, no gain.

Strap seperti di bawah lumayan banyak di toko online dan jika beruntung mungkin kamu akan menemukannya di pasar lokal. Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, untuk mencari strap bermotif seperti gambar di atas sangatlah mudah. Tetapi untuk mencari yang polosan sangatlah sulit (dan bahkan aku sendiri tidak menemukannya) untuk ukuran 18mm.

Mencoba Strap Nato

Mencoba Strap Nato

Tidak hanya berbahan nylon, strap seperti ini juga ada yang berbahan kulit; dari kulit sintesis sampai kulit asli. Untuk pemakaian formal, jenis bahan kulit sangatlah cocok. Sedangkan pemakaian kasual, kamu bisa mencoba yang bermotif. Seperti yang aku bilang, mengganti strap jenis seperti ini sangatlah mudah.

Penunjuk Waktu

Tanda penunjuk jamnya berupa garis dengan lingkaran kecil yang dapat menyala dalam gelap. Angka besar yang berada paling luar adalah menit, sedangkan untuk angka yang kecil merupakan jam. Keduanya dibatasi oleh garis kecil melingkar. Semuanya terlihat flat kecuali logo Seiko dan 5. Pada arah jam 3 terdapat penanda hari dan tanggal. Pada pukul 3 kamu akan menemukan penanda hari dan tanggal. Overall, tingkat readability jam ini sudah sangatlah bagus. Untuk kamu yang sering melihat jam dengan jenis analog, melihat penanda menit yang besar pada dial bukanlah sebuah masalah.

Penanda waktu beserta jarum-jarumnya dapat menyala dalam gelap. Entahlah, tetapi aku terkadang bingung sendiri dengan fungsi yang satu ini. Mungkin cocok ketika tiba-tiba pemadaman listrik dan kamu ingin mengetahui jam berapa saat itu. Butit works! Bisa nyala ketika gelap dengan syarat telah mendapatkan cahaya sebelumnya.

Akurasi

Akurasi jam yang aku dapat cukuplah bagus. Pada umumnya, jam dengan automatic movement “biasa” mempunyai -10/+40 detik per harinya. Untuk jam tangan yang lebih mahal, mungkin kamu akan mendapatkan +-2 detik. Jam yang kumiliki, setelah pemakaian lebih dari seminggu, selalu bertambah +-5 detik per hari yang bagiku masih dapat diterima.

Untuk tingkatan akurasi tentunya akan berbeda-beda. Kemungkinan setiap jam juga akan berbeda; tergantung dengan bagaimana pemakaian dan lingkungan sekitar (yang mungkin mengandung magnet).

Pengaturan Waktu Pada SNK807K2

Crown pada jam ini memiliki 3 buah posisi. Yang pertama adalah posisi mentok ke dalam; atau dapat dibilang posisi mentok ketika kamu menekan habis crown. Pada posisi ini, memutar crown tidak akan berpengaruh apapun. Posisi yang kedua adalah ketika kamu menarik mentok crown. Sedangkan yang ketiga adalah posisi crown yang berada di antara posisi pertama dan kedua.

  • Mengatur jam, kamu dapat menarik crown sampai mentok (Posisi kedua).
  • Mengatur tanggal, tarik crown pada posisi ketiga dan putar searah jarum jam.
  • Mengatur hari, tarik crown pada posisi ketiga dan putar berlawanan arah dengan jarum jam.

Pergantian waktu pada jam ini adalah pada tengah malam (pada jam tertentu untuk tanggal maupun hari). So, Kalau tanggal dan hari berubah pada siang hari, atur ulang jamnya bro.

Penutup

Jam ini dapat kamu peroleh di berbagai tempat. Jika bisa sedikit bersabar, mungkin kamu bisa menemukannya dengan harga yang relatif murah di situs penjualan online di luar negeri. Untuk jam yang seharga sejutaan (atau dibawahnya), jam ini sangat worth untuk dibeli. Kamu mungkin dapat menganggarkan dana untuk membeli strap sebagai variasi dari strap yang ada. Untuk ketahanan dari jam ini akan aku perbaharui setelah pemakaian beberapa waktu.

Kekurangan yang selama ini aku rasakan adalah kurangnya ketersediaan strap berjenis nato / zulu untuk jam dengan ukuran 18mm seperti ini.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

6 comments » Write a comment

Leave a Reply