Sedia Payung Sebelum Hujan

Cause nothin’ last forever, even cold November rain. Lirik lagu ini biasanya populer di kalangan anak cowok (mungkin cewek juga) tahun 90an. Bila musim hujan tiba, pasti ada deh menyanyikan potongan lagu yang dipopulerkan oleh salah satu band yang sangat terkenal, Guns N’ Roses, yang berjudul November Rain. Well, boleh dibilang ini lagu buat menyambut musim hujan walaupun tidak ada hubungannya sama sekali jika kamu mengartikan lirik lagu ini, haha.

Ngomong-ngomong November Rain, bulan November memang identik dengan hujan. Musim hujan sendiri mungkin terkenalnya di wilayah dengan iklim tropis. Kalau ciri-ciri musim hujan tidak usah ditanya deh, yang jelas curah hujan meningkat daripada biasanya.

Hari ini aku akan berbagi sedikit tips menghadapi musim hujan. Khususnya untuk kamu yang aktivitas hariannya adalah bekerja atau sekolah dengan menggunakan alat transportasi selain mobil pribadi.

Bawa payung sebelum hujan, it works!

Pepatah ini ada benarnya dan memang sangat benar. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau disama-samakan, lebih baik capek-capek membawa payung daripada basah kehujanan. Jika diartikan dalam kalimat yang sebenarnya (bukan kiasan), kamu memang harus membawa payung sebelum hujan. Apalagi kalau adalah seorang pejalan kaki dan kamu tahu ini adalah musim hujan. Kadang pagi yang cerah berubah mendung dan hujan dalam hitungan menit.

Membawa jas hujan kemanapun

Pastikan untuk membawa jas hujan di musim hujan. Memakai jas hujan membuat pakaian dan barang yang kamu bawa tetap dalam keadaan kering. Karena hujan dapat datang kapan saja, kamu harus tetap sedia jas hujan.

Mba-mba yang memakai jas hujan (Sumber: Pixabay)

Mba-mba yang memakai jas hujan (Sumber: Pixabay)

Jas hujan banyak jenisnya. Ada yang seperti baju, jubah, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kenyamanan kamu. Biasanya, seseorang malas membawa jas hujan karena tidak ada tempat untuk membawanya; mungkin contohnya adalah jika kamu memakai moge yang notabennya tidak ada box/tempat untuk menaruh jas hujan. Sekarang kamu dapat menemukan beberapa alternatif jas hujan. Banyak yang menjual jas hujan yang tipis dan mudah untuk dilipat menjadi kecil. Walaupun tidak dapat dipungkiri, jenis jas hujan ini biasanya tidak bertahan lama.

Siapkan kantongan plastik di tas

Salah satu hal yang penting di kala hujan adalah menjaga barang bawaan tetap kering. Meskipun kamu membawa jas hujan, tidak ada salahnya untuk tetap membawa kantongan plastik. Kenapa? Karena ada beberapa barang yang tidak terlindungi oleh jas hujan; contohnya adalah sepatu. Masa iya kamu menaruh sepatu kamu dalam tas? Haha.

Selain itu, membawa kantongan plastik dapat menyelamatkan kamu jika kamu tidak membawa jas hujan. Masukkan barang-barang berharga kamu seperti dompet, ponsel, catatan, dan lain sebagainya ke dalam kantongan plastik (kalau bisa 2 lapis). Ikat dengan rapat, dan masukkan ke tempat yang tidak terkena air hujan secara langsung, contohnya kantong jaket/baju untuk menghindari air secara tidak sengaja masuk ke dalam plastik.

Cucilah pakaian / seragam yang basah secepatnya

Ini nih yang biasanya malas dilakukan oleh beberapa orang. Mereka malas mencuci pakainnya setelah kehujanan dengan alasan masih kedinginan. Mencuci pakaian / seragam setelah kehujanan is a must. Seperti yang sudah aku bilang, cuaca tidak dapat ditebak. Kamu tidak dapat memastikan kapan pakaian kamu akan kering. Jika biasanya kamu hanya perlu waktu 1 hari untuk mengeringkan pakaian dengan menjemurnya di bawah terik matahari, bisa-bisa kamu memakain waktu 2-3 hari untuk mengeringkan 1 pakaian.

Beberapa tips di atas ditulis satu jam setelah hujan-hujanan dengan membawa laptop tanpa memakai jas hujan atau membawa kantong plastik. Untungnya tidak ada air yang merembes masuk ke dalam tas. So, pastikan untuk tetap kering di musim hujan dan jangan lupa untuk menjaga hidup sehat hari ini.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

3 comments » Write a comment

Leave a Reply