Review Blog Mbah Alam, www.rizqialam.com

Setelah sebelumnya nge-review blog milik Bang Beta, pada kesempatan kali ini aku akan membuat review salah satu blog kreatif milik Mbah Alam also known as Rizqi Alam. Kalau kemarin manggil Beta dengan sebutan bang, itu memang beneran cocok karena beliau memang seniorku. Sedangkan untuk Mbah Alam, asal kamu tahu saja, si mbah ini merupakan blogger kelahiran tahun 1996 sama seperti mantannya Adittya Regas #ea #bodoamat.

Mbah Alam merupakan salah satu blogger keratif yang berasal dari Banjarmasin. Blog milik Mbah Alam yang beralamatkan di http://www.rizqialam.com/ ini merupakan blog yang berisikan seputar tutorial desain CorelDraw, Adobe Photohsop, dan Adobe Flash. Pokoknya isinya merupakan hal edukatif dan setelah aku membaca isi blognya, aku tidak menemukan sesi curhat tentang mantan yang terselubung seperti blog punyanya #ahYasudahLah.

Sebagai blog yang berisikan tutorial, blog milik Mbah Alam ini memang sudah sangat memumpuni. Tutorial yang disediakan sangatlah jelas. Pernah nggak sih kamu mengunjungi blog tutorial, khususnya tutorial desain, yang tidak menyajikan gambar ilustrasi? lah piye. Kalau di blog Mbah Alam, kamu akan dibimbing dengan bahasa yang gampang dipahami dan juga berisikan gambar ilustrasi tentunya. Lebih gampangnya mungkin bisa dibilang, gaya tutorialnya dibawakan dengan lebih personal alias tidak kaku.

Blog yang telah berjalan selama kurang lebih 5 tahun ini berisikan sekitar 50 artikel tentang desain yang bermanfaat. Selain itu beliau juga terkadang membagi-bagikan vector gratis. Baru-baru ini beliau membagikan vector wajah gratis beberapa orang seperti Chandraliow dan Bena Kribo. Nah, mungkin, next time, beliau membagikan vector gratis berwajahkan artis favorit kamu.

Tidak hanya tutorial yang kreatif, desain blognya juga sangatlah kreatif. Hal tersebut dapat dilihat dari header, featured image, dan bahkan kamu bisa menemukan emoticon yang dibuat sendiri menggunakan ekspresi wajah si pemilik blog (bisa gerak-gerak, gile). Featured image pada artikel yang biasanya statis, si Mbah Alam membuatnya bergerak-gerak manja.

Kamu juga bisa menemukan salah satu karakter fenomenal yang memiliki bulu hidung keluar bernama Mbah yang muncul di artikel-artikelnya yang ternyata adalah teman khayalan si Mbah Alam.

Dan dia ini namanya Mbah. Iya namanya “Mbah” doang. Beliau adalah partner gue. Bukan pacar. Tapi kami romantis, kok. Kami berdua lah yang mengisi artikel yang ada di blog rizqialam.com ini. – Rizqi Alam

Selain menyediakan tutorial yang bisa kamu pelajari secara gratis, Mbah Alam yang ternyata juga seorang anak band ini juga menyediakan jasa pembuatan vector yang hasilnya juga nggak kalah awesome dengan jasa vector di luar sana. Contohnya dapat kamu lihat sendiri atas atau di akun Instagram-nya, @alamcreative. Lama pengerjaan vectornya juga sangat cepat karena jam terbang beliau sangatlah tinggi. Untuk vector wajah, pengerjaannya hanya memerlukan waktu sekitar 3-5 jam. Untuk kamu yang kepepet bikin kado hadiah untuk pacar, gebetan, atau mantan tapi perlu waktu pengerjaan yang cepat, bisa coba tanyakan ke beliau.

No one judges you better than the others.  Aku sendiri pernah memesan untuk dibuatkan karakter berupa vector sama beliau. Maklumlah, selain aku sendiri tidak bisa membuat karakter dengan karakteristik seperti beliau, kalau vectornya aku bikin sendiri hasilnya akan sangat narsis nantinya. Haha. Hasilnya nih:

Karakter Hengki

Karakter hasil buatan Mbah Alam

Nah, itu dulu sekilas tentang Mbah Alam beserta blog kreatifnya. Jika kamu memiliki pertanyaan lanjutan, atau ingin pesan jasa beliau, silakan saja berhubungan langsung dengannya.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

4 comments » Write a comment

Leave a Reply