Lindungi Konten Berbahaya dari Anak dengan Youtube Kids

Konten Berbahaya
Konten Berbahaya

Konten Berbahaya

Seiring berkembangnya teknologi, maka kita mudah sekali mendapatkan informasi, berbelanja online seperti pada tulisan tentang berbelanja online atau offline, berita dan juga video. Sayangnya seringkali ada berita atau video yang berdampak buruk bagi anak-anak, seperti video kekerasan, pornografi, bullying dan sebagainya. Jika tanpa proteksi yang ketat, anak-anak kita bisa saja menontonnya.

Video seperti ini bisa ditemui dengan mudah di dunia maya. Bahkan, pada saluran penyedia video Youtube sekalipun.

Hal ini memang mengkhawatirkan, namun jika kamu tahu cara mencegahnya, anak-anak di sekitarmu bisa terhindar dari konten-konten berbahaya tersebut. Salah satunya dengan menggunakan layanan Youtube Kids.

Youtube Kids (sumber gambar: s.aolcdn.com)

Youtube Kids (sumber gambar: s.aolcdn.com)

Youtube Kids merupakan salah satu layanan video asuhan Google yang resmi diluncurkan untuk memberikan konten yang sesuai bagi anak-anak. Sama dengan Youtube, layanan berbentuk aplikasi ini menghadirkan video-video menarik yang sesuai untuk usia anak.

Youtube Kids dibuat untuk memudahkan anak-anak mencari video-video kegemaran mereka. Beberapa tokoh kartun seperti Sesame Street, Thomas and Friend mewarnai video di aplikasi ini.

Sebelum mengoperasikan dan memberikannya kepada anak, orang tua harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu. Kamu bisa menemukannya pada layanan berbasis iOS dan mengunduhnya pada Apple Store.

Pastikan untuk menyalakan paket internet sebelum memulai proses unduh aplikasi. Pemilihan operator telekomunikasi sangat berpengaruh terhadap proses unduh yang kamu lakukan.

Jika kamu memilih operator penyedia internet yang asal-asalan, maka bisa saja jaringan kamu terbatas dan proses unduh berjalan lambat. Namun jika kamu menggunakan operator Indosat, segala aktivitas virtualmu akan berlangsung lancar.

Indosat menyediakan layanan paket data internet 4G yang bisa kamu andalkan. Kamu hanya perlu membeli pulsa dan memilih paket data internet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tanpa perlu mencari penjual ke luar rumah, kamu bisa mendapatkan pulsa dan paket data internet tersebut secara daring. Salah satunya dengan melakukan pembelian di Traveloka.

Setelah paket data internet menyala, maka kamu bisa dengan mudah mengunduh aplikasi Yotube Kids. Namun, sebelum mengunduh, kamu juga perlu mengetahui beberapa fitur menarik di dalam aplikasi ini. Apa saja fitur tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini:

  1. Fitur ‘Parent-Controller’
    Ini merupakan salah satu fitur terpenting yang ada di aplikasi Youtube Kids. Orang tua bisa mengambil kendali penuh atas apa yang disaksikan oleh anak-anak mereka. Orangtua bisa mengatur waktu (alarm) kapan saja tayangan-tayangan di aplikasi tersebut bisa diakses oleh putra-putri mereka, seperti maksimal 30 menit. Jika waktu tersebut habis, maka aplikasi akan menampilkan peringatan bahwa waktu menonton telah usai.
  2. Fitur Kategori
    Aplikasi ini menyediakan empat kategori yang bisa dipilih dengan sekali sentuh. Empat kategori tersebut antara lain berupa Shows, Music, Explore dan Learning. Cukup dengan memilih salah satu kategori, maka video yang tersedia di kategori tersebut bisa langsung berjalan.Misalnya pada kategori Show, anak-anak akan disuguhkan tayangan TV yang sudah tidak asing bagi mereka seperti Sesame Street. Pada kategori Music, anak-anak bisa menyaksikan tayangan aneka lagu seperti Mother Goose Club. Sedangkan pada kategori Learning, anak-anak bisa menyaksikan berbagai video terkait pendidikan.Namun, ada hal unik yang bisa ditemukan pada kategori Explore. Pengguna aplikasi ini bisa menyaksikan berbagai video hasil karya pengguna Youtube Kids lainnya, yang telah mendapatkan penyaringan terlebih dahulu sebelum tayang. Video seperti tips dan tutorial bisa dengan mudah ditemukan pada kategori ini.
  3. Fitur ‘Silent’
    Jika kamu tidak ingin terganggu dengan suara bising yang muncul dari aplikasi, kamu bisa menonaktifkan suara dari aplikasi ini. Musik ataupun efek suara yang mungkin keluar dari tayangan video, bisa hilang dengan fitur ini.
  4. Hilangnya fitur pencarian
    Guna memperketat proteksi, Youtube Kids telah meniadakan fitur pencarian di aplikasi ini. Anak-anak hanya bisa melihat konten hanya dari empat kategori yang tersedia. Dengan demikian, orang tua tidak perlu was-was memberikan gawai kepada anak-anak mereka.Google merancang aplikasi ini sedemikian rupa, sehingga benar-benar aman digunakan oleh anak-anak. Google juga memastikan bahwa pencarian konten-konten dewasa dengan kata kunci seperti “s*x” tidak akan ada di tayangan aplikasi Youtube Kids.

Jadi, siap mengunduh aplikasi ini dan memberikannya untuk anak-anak kita? Belum punya anak? Tidak apa-apa, yang penting kamu sudah mempersiapkannya seperti pada artikel sedia payung sebelum hujan.

Youtube Kids (sumber gambar: lh5.googleusercontent.com)

Youtube Kids (sumber gambar: lh5.googleusercontent.com)

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

Leave a Reply