Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kehilangan Ide Untuk Menulis Blog

Jika kamu sudah lama nge-blog, pasti pernah merasakan yang namanya ide tidak kunjung datang. Sebagian orang memaksakan untuk tetap duduk di depan komputer dan mencoba untuk merangkai kata-kata, sebagian lagi menyerah dan melupakannya untuk waktu yang lama. Hingga akhirnya mereka menjumpai a draft will always be a draft.

Ada banyak hal yang dapat menghilangkan ide untuk menulis. Salah satunya adalah kehilangan semangat untuk menulis. Jika seseorang sudah tidak bersemangat untuk menulis, walaupun ada ide, tetap saja malas. Cobalah cari tahu apa yang menyebabkan kamu menjadi malas untuk menulis.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba untuk mengikuti cara-cara di bawah ini untuk memicu otak agar memunculkan ide-ide yang biasanya kamu dapatkan.

Bertemanlah dengan Google

Siapa sih yang tidak kenal dengan Google? Sebagai alat bantu mencari informasi, Google memang sangat berjasa. Apalagi kalau sedang ada ujian di kelas #eh. Hanya dengan mengetikkan kata kunci, informasi sudah bisa didapat.

Coba ketikan kata kunci tentang apa yang membuat kamu penasaran atau apa yang dulu pernah ingin kamu tulis. Mulailah dengan melirik-lirik beberapa tulisan/video orang. Setelah itu biasanya tangan sudah gatal untuk menuliskannya.

Melihat-lihat sekitar

Coba bangkit dari tempat kamu berdiri. Pergilah dari rutinitas yang kamu jalani. Mulailah mengamati keadaan sekitar. Temukan apa saja yang menarik perhatian. Jika masih belum menemukannya, ambil perjalanan yang sedikit lebih jauh. Cobalah pergi ke suatu tempat atau beberapa tempat. Melihat hal baru biasanya akan memunculkan ide. Jangan lupa untuk membawa catatan dan menuliskan hal-hal menarik yang kamu jumpai.

Setelah itu, pastikan untuk pulang ke rumah, bro.

Menonton film

Popcorn (sumber: Pixabay)

Popcorn (sumber: Pixabay)

Menonton film selain menyegarkan fikiran, terkadang memberikan kamu inspirasi yang cukup banyak. Bagi seseorang yang gemar menulis puisi, bisa membuat puisi dengan mendalami dan masuk ke dalam film yang ditontonnya (mungkin sama dengan istilah nge’baper’). Selain itu, kamu bisa memperhatikan detil yang ada di film layaknya kamu sedang berjalan-jalan di luar tanpa harus beranjak dari kursi.

Melakukan pekerjaan lain

Mungkin kamu sedang jenuh-jenuhnya. Daripada waktu terbuang sia-sia, kamu bisa memanfaatkannya untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa kamu mulai dengan menata ruangan, kamar, atau tempat kerja kamu. Kembali berinteraksi dengan orang sekitar untuk sejenak melupakan tulisan.

Tidak ada salahnya untuk tidur sebentar jika kamu merasa lelah. Tidak perlu memasang alarm; biarkan kamu terbangun dengan sendirinya.

Liburan

Jangan paksakan untuk menulis di hari itu juga. Kamu masih punya waktu besok hari. Tapi mungkin akan beda ceritanya jika kamu memiliki deadline untuk mengirim tulisan.

Liburan merupakan salah satu hal penting untuk mengembalikan inspirasi. Kamu bisa memulainya dengan mencari-cari tempat untuk berlibur yang ada di sekitar tempat kamu tinggal. Namun, jika masih terasa kurang, kenapa tidak mencoba untuk berlibur ke tempat yang sedikit lebih jauh. Liburan di bali kuta mungkin?

That’s all. Mungkin di antara pembaca ada beberapa ide lain yang dapat dibagikan di sini. Yang jelas, jangan pernah menyia-nyiakan blog. Bayar domain dan hosting mahal, bro. Haha. Kalau merasa tulisannya kurang memuaskan, tidak apa-apa, tidak ada tulisan yang sempurna, semua memang perlu latihan dan pasti menemui yang namanya ‘kegagalan’ (merasa gagal).

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

3 comments » Write a comment

  1. Dasar bujur pang.
    Bila writers block tu keluar, iya dah. Takang tu pang! Hahahaha
    Tapi mun ada ide biar lagi koler nulis biasanya ku catat dulu dalam memo atau notes di hp biar kena kalo sudah kd koler lagi kawa menaruskan ide yang tadi.

  2. Setuju! Paling banyak ide pasti waktu liburan ya? Meskipun sebenarnya apa aja bisa dijadiin ide buat nulis. Tapi emang kadang orangnya aja yang males nulis, itu aku sih.

    Sebaiknya kalo ada ide catet aja di memo. Biar ntar lebih mudah buat nulis

Leave a Reply