Cara Menghadapi Rasa Kantuk di Siang Hari

Rasa Kantuk di Siang Hari
Rasa Kantuk di Siang Hari

Rasa Kantuk di Siang Hari

Siang hari, setelah selesai makan, bawaannya ngantuk. Bagi mahasiswa mungkin ini adalah hal yang biasa. Menghadapi rasa kantuk merupakan hal yang sering dilakukan di pagi hari. Mungkin kamu pernah merasakannya waktu jadi mahasiswa; apalagi mahasiswa super yang banyak kerjaan waktu malam. Bukannya mengerjakan tugas, tapi malah bermain game sepanjang malam sampai subuh. Besoknya pasti mengantuk luar biasa, bahkan bisa sampai tidur di sepeda motor? Lah.

Kebiasaan seperti ini mungkin ada yang terbawa sampai ke dunia kerja. Ada yang datang ke tempat kerja dengan mata yang masih malu-malu terbuka ditambah dengan efek muka sedikit kusam. Kalau ditanya sama rekan kerja, kata yang pertama muncul adalah “hah?”. Tentunya bagi yang belum menikah. Kalau sudah menikah, kebanyakan tidurnya lebih awal (beneran tidur? #PostinganPolos).

Tidak hanya kreativitas yang akan berkurang, tetapi produktivitas. Apalagi jika kamu bekerja di dunia kreatif, pasti akan sangat mengganggu. So, di bawah ini ada sedikit tips sederhana untuk menghadapi rasa kantuk, khususnya di siang hari.

Tidur; tanpa memikirkan permasalahan

Setiap orang pasti memiliki masalah di kehidupan. Bohong deh jika kamu sendiri tidak memiliki masalah. Dari masalah ringan hingga masalah yang sedikit lebih berat. Memikirkan masalah sebelum tidur hanya membuat pikiranmu beraktivitas bahkan ketika kamu sedang tidur. Hal tersebut mengakibatkan pola tidur kamu berubah dan tentunya mengurangi waktu kamu di fase deep sleep. That’s why walaupun kamu tidurnya cukup, kamu akan tetap merasa kelelahan setelah bangun.

Parahnya lagi, bahkan kamu bisa terbangun karena mimpi buruk dan ujung-ujungnya kamu malah memikirkan masalah sehingga tidak bisa tidur lagi.

Mencari hal positif di pagi hari

Positif bukan ‘positif’, bro. Supaya hari kamu lebih bersemangat, cobalah untuk mendengarkan sesuatu yang positif. Sebagai contoh, kamu dapat melihat kata-kata bijak atau quotes yang ada di internet. Lebih gampangnya, tinggal cari saja di media sosial seperti Twitter, Instagram, atau Facebook. Jangan hanya membuka/stalking mantan di Instagram. Melihat foto mantan bersama kekasih barunya hanya akan membuat kamu mimpi buruk di siang hari malahan.

Lakukan hal yang berbeda

Jika kamu terjebak dalam sebuah rutinitas, cobalah untuk menyambilinya dengan hal yang baru. Contohnya jika kamu sedang melakukan penyusunan dokumen; di mana kamu tidak diperbolehkan sedikitpun untuk membuat kesalahan. Cobalah untuk beristirahat sebentar, kelelahan hanya akan membuat kamu kurang fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Kamu bisa berjalan ke sekitar (jangan lupa untuk kembali), menyapa orang-orang di sekitar, atau melakukan sesuatu hal yang dapat melepasmu dari kegiatan yang monoton.

Jangan lupakan secangkir kopi

Secangkir kopi dapat menyelamatkan harimu. Terutama jika sebelumnya kamu mengalami kurang tidur. Membuatmu tetap fokus dalam beraktivitas merupakan salah satu keunggulan dari kopi. Kamu bisa memulai dengan membeli kopi instan sesuai dengan seleramu atau membuat kopi sendiri dengan takaran favorit kamu. Wait, pakailah gula sewajarnya mengingat berlebihan menggunakan gula akan menimbulkan diabetes. Sudah tau atau belum tentang gejala diabetes itu apa aja sih?

Jangan terlalu tegang, bercanda lah

Mengerjakan sesuatu yang membosankan di siang hari, apalagi sesudah makan siang, akan membuat hasrat untuk memejamkan mata menjadi-jadi. Jika kamu ingin mendapatkan sedikit kejutan agar membuat rasa ngantuk kamu berkurang, coba bercanda dengan orang yang ada di sekitar kamu. Tetapi, sebelumnya, pastikan dulu ada orang yang berada di sekitar kamu. Jangan sampai kamu dikira mengidap skizofrenia.

Bercanda untuk menghadapi rasa kantuk (sumber: Pixabay)

Bercanda untuk menghadapi rasa kantuk (sumber: Pixabay)

Mungkin itu saja. Yang terpenting adalah tetap menjaga kualitas tidurmu. Tidur yang cukup, sewajarnya, dan berkualitas. Hadapi rasa kantuk di waktu yang tepat dan jika memang perlu beristirahat, beristirahatlah.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

Leave a Reply