Cara Mengganti Font di WordPress dengan Menggunakan Plugin Easy Google Fonts

Cara Mengganti Font di Wordpress
Cara Mengganti Font di WordPress dengan Menggunakan Plugin Easy Google Fonts

Cara Mengganti Font di WordPress dengan Menggunakan Plugin Easy Google Fonts

Mungkin kamu bosan dengan tampilan blog kamu yang ‘itu-itu’ saja. Hal yang pertama terpikir oleh kamu adalah untuk mengganti theme WordPress. Jangan dulu! Coba dengan mengganti font terlebih dahulu. Caranya mudah; lebih mudah daripada bangun di pagi hari dan menyadari kalau besok sudah masuk kerja lagi. Welllets start! mari kita mulai tutorial cara mengganti font di WordPress dengan menggunakan plugin Easy Google Fonts.

Sebelumnya aku ingin aku ingin memberitahu bahwa cara ini hanya bisa dilakukan di self-hosted WordPress alias WordPress yang dipasang di hosting sendiri, bukan blog WordPress yang dijalankan di wordpress.com (misal alamat blog kamu adalah: CeritaKamuDanMantan.wordpress.com). 

Google Fonts

Google Fonts merupakan surganya pencari fonts gratisan yang dapat digunakan secara pribadi maupun untuk penggunaan komersil. Di sini kamu akan menemui banyak sekali font yang bisa kamu gunakan.

Google Fonts dapat diakses di alamat: https://fonts.google.com/

Tampilan Situs Google Fonts

Tampilan Situs Google Fonts

Untuk membantu kamu mencari fonts yang diinginkan, Google memberikan beberapa filter yang dapat kamu gunakan, misalnya kategori, sorting (pengurutan), dan lain sebagainya.

Easy Google Fonts

Plugin Easy Google Fonts merupakan plugin gratis yang dapat kamu dapatkan di direktori plugin WordPress. Plugin ini merupakan plugin buatan Titanium Themes untuk mengganti fonts blog kita dengan Google Fonts.

Penggunaannya pun cukup gampang, kamu tidak perlu memahami tentang coding dan hal rumit lainnya. Yang kamu perlukan hanyalah kemampuan untuk memilih (tsah, jangan baper).

Keuntungan lain menggunakan plugin ini adalah kamu dapat melihat perubahannya secara realtime.

Langkah-langkah Mengganti Font di WordPress dengan Menggunakan Plugin Easy Google Fonts

  1. Masuk ke Dashboard WordPress kamu dan klik pada tab Plugin, kemudian klik pada Add New.
  2. Pada kolom pencarian, masukkan keyword “Easy Google Fonts” (tanpa tanda kutip).
  3. Cari plugin Easy Google Fonts yang dibuat oleh Titanium Themes. Klik Install Now, kemudian klik Activate.
  4. Setelah plugin terpasang, buka Appearance dan klik pada Costumize.
  5. Pada tahap ini kamu akan masuk pada bagian kostumisasi theme WordPress yang sedang aktif. Klik pada Typography, kemudian klik lagi pada Default Typography.
  6. Lakukan pengaturan.
Tampilan Pengaturan Easy Google Fonts

Tampilan Pengaturan Easy Google Fonts

Untuk pengaturan font yang digunakan sebagai paragraf pada tulisan di blog, ubah pada bagian Paragraphs dengan menekan pada Edit Font. Gantilah bagian Font Family yang merupakan bagian untuk mengganti jenis fonts-nya. Untuk mempermudah pencarian font pilihan, sebaiknya kamu pilih terlebih dahulu di website Google Fonts karena akan lama jika memilih satu per satu dari daftar fonts yang ada.

Untuk Font Weight/Styles aku menggunakan Regular saja untuk paragraf. Silakan sesuaikan dengan yang kalian inginkan.  Jangan lupa untuk menekan Publish untuk menyimpan hasil kostumisasi.

Tulisan tentang cara mengganti font di WordPress dengan menggunakan plugin Easy Google Fonts ini akan aku buat dalam bentuk video. So, stay tuned! Selamat bertemu hari Senin. Jangan lupa untuk berbahagia, tetap semangat untuk menghadapi hari esok, dan jangan lupa bangun tentunya.

Posted by

Seorang Public Relations Officer di kampus swasta dan blogger lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang merangkap sebagai website administrator. Pembaca Akut dengan hobi menulisnya di bidang teknologi. Memiliki ketertarikan di bidang fotografi dan desain.

Leave a Reply

Required fields are marked *.