Hal yang Membuat Aku Kangen Jakarta

Tidak terasa sudah bulan Agustus. Kurang lebih satu tahun yang lalu, Aku menginjakkan kaki di kota Jakarta. Sebuah kota yang bisa kubilang lebih padat daripada kota tempat tinggalku sekarang, Banjarmasin. Eh, tidak di Banjarmasin-nya juga sih; lebih tepatnya di perbatasannya. Haha. Tujuan awalnya ke Jakarta adalah bertemu teman yang dulu ketika SMA pernah satu band. Sekarang dia bekerja di ibu kota yang menjadi mimpinya para anak band – paling tidak di masaku. Hal yang membuat aku kangen Jakarta adalah beberapa hal di bawah ini.

1. Latihan band bersama Hive

Aku mendapat kesempatan untuk merevisi gitar lagu Hive yang berjudul Dan Bila Esok Hari yang sudah bisa kalian unduh di iTunes. Wah, kesempatan langka. Di bawah ini foto waktu rekamannya.

?? sebelum kembali ke hometown.

A photo posted by Hengki Dwiyan (@hengkidh) on

Aku berteman dengan sang vokalis yang akrab dipanggil Aha sejak zaman SMA. Kalau dulu, lagu yang dibawakan bernuansa Jepang-Jepang-an. Kalau sekarang beliau udah nge-pop walaupun terkadang masih idealis. Kalau aku sendiri sekarang… sudah agak sibuk dengan kerjaan dan senar gitar elektrik yang berkarat pun tak terganti.

2. Cuma sebentar ada di Jakarta

Ada yang bilang kalau ke Jakarta, tapi tidak ke monas itu “gimana gitu”. Benar kok, kemarin ke sana belum sempat ke monas. Kalau lihat sih lihat. Cuma untuk mengamati atau sekedar selfie di monas belum kesampaian. Semoga nanti ada kesempatan ke sana lagi. Rencana awal, agak lama berada di Jakarta. Tapi, ada kepentingan mendadak yang membuat aku harus balik lagi ke Banjarmasin secepatnya. Rencananya (juga) kemarin mau cari kerja di start up yang lagi ramai-ramainya di sana.

3. Keluarga yang ada di sana

Salah satu hal yang membuat kangen adalah keluarga yang tinggal di sana. Kalau pulang kampung (kampungnya Bapak dan Ibu), pasti jarang bisa ketemu keluarga yang tinggalnya di Jakarta. Kesempatan kali itu juga sangat langka karena aku bertemu keluarga yang terakhir kali kulihat ketika SD.

Yang tidak kalah menarik adalah rumah minimalist dengan perabot minimalist milik keluargaku itu. Pengen rasanya suatu saat nanti memiliki rumah yang tidak kalah kerennya dengan miliknya. Dari lampu, meja makan, dapur, dan sofa yang ada terlihat nge-match. Bicara soal sofa, jika kamu berada di Jakarta, dan bingung dengan sofa kamu yang kotor, kamu bisa coba jasa cuci sofa jakarta terbaik.

4. Kurang mengabadikan moment ketika berada di sana

Melihat-lihat kota Jakarta melalui Instagram membuatku miris. Hal itu karena aku sendiri tidak sempat mengabadikan indahnya Jakarta dengan kamera yang sedikit lebih profesional. Kemarin cuma membawa kamera kecil dan kurang meng-explore Jakarta. Benar kalau orang bilang Jakarta itu macet. Kalau mau putar balik jauh sekali; oleh karena itu terkadang malas kalau jalan-jalan. Haha.

Foto-foto di monas

Foto-foto di monas

Seandainya jalan kaki tidak panas, pengen rasanya memotret setiap sudut kota. Jika kamu tanya mana yang lebih panas, Banjarmasin atau Jakarta, menurutku sih kurang lebih. Makanya sekarang aku kulitnya agak hitaman (pembelaan yang agak dipaksakan).

Beberapa hal di atas merupakan hal-hal yang membuat aku kangen Jakarta. Kalau ada kesempatan lagi, akan kugunakan sebaik-baiknya dan seefektif mungkin. Jakarta, sampai ketemu di lain waktu.

Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah

Sebentar lagi sudah waktunya masuk kuliah. Bagaimana liburan panjang kamu? Sudah siap menghadapi perkuliahan? Tulisan kali ini aku buat untuk adik-adik semua yang akan menjadi mahasiswa dalam waktu dekat. Bagi yang merasa mahasiswa, tapi belum lulus-lulus, cepat bertobat Haha. Di bawah ini kamu akan menemukan beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum masuk kuliah.

1. Kamu akan kangen masa-masa bangun pagi

Beberapa kampus tidak memiliki jadwal kuliah marathon seperti layaknya kamu berada di SMA. Kamu mungkin kuliah pagi 2 jam, kemudian jam kuliah berikutnya ada di sore hari. Selain itu mungkin juga kamu akan menemui jam kuliah sore saja. Ah, bakalan tambah males nih bangun pagi. Walaupun tidak menutup kemungkinan kamu nantinya akan menemui jam perkuliahan yang tetap. Misalnya kamu harus tetap sudah ada di kelas jam 8 pagi – 3 sore. Contohnya di Politeknik Hasnur, kamu mungkin akan familiar dengan jam belajar SMA. Beberapa kampus seperti Politeknik Hasnur menerapkannya agar mahasiswa lebih terbiasa dengan jam kerja nantinya.

2. Kelasnya berpindah-pindah alias moving class

Moving class berarti kamu akan berada di kelas yang berbeda dan mungkin teman yang berbeda tergantung kamu mengambil mata kuliah apa. Kamu memiliki kesempatan menjadi ketua kelas di beberapa kelas sekaligus. Nah, cocok sekali untuk kamu yang hobinya jadi leader dan cari perhatian (Eh, maap, bukan emosi). Enaknya, kamu dapat merasakan sensasi ruangan yang berbeda dan tidak menjenuhkan. Meskipun kadang bete jika harus masuk ke kelas yang kurang oke, seperti kelas tanpa AC, ventilasi, jendela atau pintu. Enjoy saja, tapi jangan suka ngerjakan pekerjaan rumah di hari pengumpulannya, apalagi mengerjakannya di kelas.

A photo posted by Hengki Dwiyan (@hengkidh) on

Terkejut lihat dosen datang ketika asik mengerjakan PR.

3. Kamu bakal bertemu banyak orang dan lebih sering mendengar kata “pulang kampung”

Jika kamu biasanya bertemu dengan teman-teman satu daerah atau satu kampung, ketika kuliah kamu bakal menemui teman-teman yang berasal dari luar daerah. Tentunya kamu akan menemukan karakter-karakter orang yang berbeda, pengalaman baru, atau mungkin logat baru. Oleh karena itu, kamu nantinya akan sering mendengar kata “gue pulang kampung ye!”. Nasib nih bagi kalian yang gak punya kampung halaman untuk didatengin. Maksudnya, kalian kuliah di tempat tinggal kedua orang tua kalian. Bagi kamu yang bernasib seperti itu, tidak apa-apa! Cari orang yang kampungnya bisa buat kamu pulangin. If you know what i mean!

4. Yang dulu harus baju seragam setiap hari, siap-siap pakai baju warna-warni

Sepatu warna-warni

Sepatu warna-warni

Cocok sekali nih untuk kalian yang pengen tampil modis. Ketika kuliah, kalian tidak perlu pakai seragam setiap hari. Biasanya kampus memperbolehkan memakai baju dan sepatu warna-warni tapi tetap harus sopan (dan berkerah – untuk beberapa kampus). Bahkan ada nih temanku yang di kelas pakai jas segala; padahal pengap. Salah satu tips, kalau bisa baju kamu bervariasi. Jika kamu penggemar warna hitam, seperti aku, variasikan antara kaos berkerah dan kemeja berkerah berbagai model kalau tidak mau dibilang memakai baju itu-itu saja. Untuk sepatu, kalau bisa jangan pakai sepatu itu-itu saja. Coba lihat-lihat sepatu all star yang keren-keren.

Cukup 4 poin saja. Sisanya harus kamu temukan sendiri. Pokoknya, kamu akan kangen dengan masa-masa SMA kamu yang bahagia itu. Eh, tapi, jangan salah, masa-masa kuliah pun tidak kalah menariknya. Salah satu saran dari aku, kuliah yang benar, cepat lulus, cepat cari kerja dan menikah.

Beberapa Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Libur Panjang

Ada beberapa hal yang mungkin tidak sempat kamu lakukan di rutinitas kamu biasanya. Seperti berkumpul bersama keluarga, melakukan hobi kamu, dan berlibur. Tentunya jika ada kesempatan, kamu pasti sangat ingin melakukan hal tersebut. Apalah daya, beberapa di antara pembaca terjebak di sebuah tempat dengan rutinitas yang sama setiap harinya. Libur panjang adalah moment yang tepat untuk hal yang berbeda. Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika libur panjang.

1. Quality time bersama keluarga

Jika kamu bekerja di perantauan dan belum berkeluarga. Moment bersama kedua orang tua dan sanak saudara kamu merupakan salah satu hal yang penting. Bayangkan jika kamu mempunyai 4 hari libur dan kamu belum bertemu dengan keluarga kamu selama sebulan atau dua bulan. Bahkan, 2 hari libur saja, mungkin, akan kamu sempat-sempatkan untuk bertemu kangen dengan keluarga.

2. Melakukan sesuatu yang sangat ingin kamu lakukan

Pernahkah kamu membuat daftar apa saja yang sangat ingin kamu lakukan? Jika pernah, cobalah untuk melakukannya di libur panjang. Apalagi jika apa yang kamu inginkan akan susah dilakukan di hari biasa. Contoh sederhananya adalah merapikan kamar. Nah, lho siapa di antara kalian yang sudah besar tapi kamarnya masih dirapikan orang tuanya? Ngaku!

3. Kembali tekuni hobi kamu

Lupa di mana.

A photo posted by Hengki Dwiyan (@hengkidh) on

Kalau kamu punya hobi lama yang terlupakan karena kesibukan, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukannya lagi. Kembali menekuni hobi kamu yang dulu sempat tertinggal karena kesibukan akan sangat mengasyikan. Contohnya adalah hunting foto pemandangan. Jika kamu seorang pekerja kantoran, foto pemandangan yang paling sering kamu dapat adalah ‘pemandangan’ tumpukan kerjaan beserta deadline-nya.

4. Mencoba hal yang baru

Kembali ke rutinitas kamu, mungkin, akan sangat membosankan. Jangan sia-siakan jika kamu memiliki ide untuk mencoba hal yang baru, lakukanlah. Beberapa dari kamu mungkin akan menemukan hobi baru. Jika sebelumnya kamu lebih sering berjalan-jalan keliling kota ketika liburan, tidak ada salahnya untuk pergi jauh dari kota. Simak poin nomor 5.

5. Liburan ke puncak

Sebagian orang kreativitasnya berkurang karena kurang piknik. Mungkin kamu salah satunya. Gunakan libur panjangmu untuk berekreasi ke tempat eksotis seperti pantai atau puncak. Lupakan kerjaan atau rutinitas kamu dan pastinya jangan bawa kerjaan ke tempat berlibur. Ingat, tujuan kamu bekerja untuk mencari kebahagiaan. Jangan sampai pekerjaan kamu malah membuat kamu lupa untuk bahagia. Salah satu tempat menarik untuk dikunjungi adalah puncak. Kamu dapat mencoba melihat-lihat promo hotel di puncak. Lumayan, dapat liburan dengan harga murah.

liburan_ke_puncak

Thats all from me. Jangan pernah menyianyiakan libur panjang kalian. Setiap orang perlu liburan. Jangan sok tegar dengan segala rutinitas kamu. Walau rutinitasnya mengasyikan, tidak ada salahnya mengisi sela-selanya dengan hal yang lebih megasyikan. Selamat berlibur buat kamu yang sedang berlibur!

Tips Mengajar di Depan Kelas Untuk Pertama Kali

Tidak terasa, sudah dua tahun lebih mendapatkan gelar sarjana. Masih ingat rasanya menjadi mahasiswa ULM di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ilmu yang didapat sangat bermanfaat sekarang dan selamanya. Walaupun aku bekerja bukan sebagai pengajar, tetapi, pekerjaanku saat ini erat hubungannya dengan bagaimana mengelola kelas alias berhadapan dengan siswa.

Kalau bisa dibilang, pekerjaanku merupakan hobi yang dibayar. Aku berkesempatan untuk presentasi di depan orang banyak, membuat desain, internet marketing, dan lain sebagainya. Alhamdulillah, semoga rezeki selalu mengalir deras melalui hobi-hobiku.

Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi tips mengajar di depan kelas. Cocok sekali bagi kamu, yang mungkin baru mulai micro teaching. Simak uraiannya.

1. Kuasai materi yang akan kamu ajarkan

Ini adalah hal yang sangat penting. Kenapa? Karena jika kamu tidak menguasai materi apa yang akan diajarkan, kamu akan tambah gugup, keringatan, dan pingsan. Eh, belum pernah sih sebenarnya aku melihat orang yang pingsan. Kalau kamu pernah pingsan, boleh deh diceritakan di sini.

Menguasai Materi Ajar

Menguasai Materi Ajar

Penguasaan materi sangatlah penting. Kamu akan lebih percaya diri dan tidak akan kaku, bahkan mungkin blank ketika berada di depan kelas. Caranya pun gampang. Kamu hanya perlu mempelajari ulang dan mungkin bertanya kepada teman kamu yang lebih mengerti atau cara paling gampang – Googling. Jangan sesekali maju tanpa mengetahui tentang materi apa yang akan kamu ajarkan.

2. Persiapkan apa saja yang digunakan saat mengajar

Jangan sampai tergesa-gesa! Banyak hal buruk yang bisa terjadi karena  tergesa-gesa seperti ketinggalan kertas soal, alat bantu mengajar, dan lain sebagainya. Kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan terhadap barang-barang yang akan kamu gunakan.

Jangankan tertinggal kertas soal yang akan kamu gunakan, ketinggalan pulpen saja bisa membuat kamu bertambah gugup. So, jangan lupa untuk menyiapkan semuanya.

3. Belajarlah di depan cermin

Tidak harus menghapal semua dialog standar seorang guru seperti “Selamat pagi anak-anak! Bagaimana kabar kalian?”. Belajarlah improvisasi di depan cermin. Perhatikan cara kamu berbicara. Dengan belajar di depan cermin, kamu akan mendapatkan bayangan langsung bagaimana nanti kamu berada di depan kelas. Kamu dapat memperbaiki apa saja yang kurang. Mungkin, seperti cara kamu menggerakkan tangan kamu.

4. Pahami dan gunakan media pembelajaran yang menarik

Banyak media pembelajaran yang dapat kamu gunakan untuk mengajar di depan kelas. Contohnya menggunakan permainan komputer sebagai media pembelajaran. Pastikan kamu sendiri memahami betul cara memainkannya. Akan lebih baik jika media yang kamu gunakan dapat digunakan juga oleh siswa alias terjadi interaksi antara siswa dengan media.

Gunakan media pembelajaran yang bervariatif. Jangan hanya bertumpu pada satu media. Sebagai contoh menggunakan video sebagai media secara terus menerus. Walaupun videonya bervariatif, terkadang siswa merasa bosan dan kamu menjadi orang yang gampang ditebak. “Ah si Bapak pasti muterin video lagi nih di kelas”.

5. Tampillah percaya diri

Setelah mempersiapkan beberapa hal di atas, tentunya kamu akan lebih percaya diri. Jika belum, maka kamu harus. Jika kamu percaya diri, kamu akan lebih relaks dan nyaman dalam memberikan materi pelajaran.

Tanyakan kepada diri kamu sendiri “Apa yang membuat aku tidak percaya diri?”. Jika itu adalah hanya karena kamu belum pernah sama sekali mengajar di depan kelas, buang rasa itu jauh-jauh. Semua orang pernah memulai sesuatu dari awal. Masih belum bisa? Jangan menyerah! Tidak ada kata terlambat untuk bisa.

Kalau kamu kurang percaya diri dengan penampilan kamu, misal saja kamu merasa agak gendutan, kamu bisa mencoba tips cara menurunkan berat badan versi L-Men.

Nah, cukup sekian tips yang dapat aku berikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa penguasaan, persiapan, media, dan tetap percaya diri. Seperti biasa, jika kamu mempunyai tips mengajar di depan kelas, mari berbagi.

Memanjakan Dirimu Sendiri Ketika Berulang Tahun – Kenapa Tidak?

Selamat ulang tahun untuk kamu yang berulang tahun hari ini! Pertama-tama kamu harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hari ini kamu masih diberikan kesehatan dan kesempatan menikmati hidup. Artikel kali ini tidak hanya aku peruntukkan bagi orang yang berulang tahun hari ini, tapi juga untuk orang yang akan berulang tahun entah esok atau lusa. Mungkin di antara 3 poin di bawah, terdapat hal yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya.

1. Belilah barang yang sangat kamu inginkan sebelumnya

Cie, ini mungkin adalah salah satu yang dapat kamu lakukan ketika harus kecewa karena tidak ada yang memberikanmu kado sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Membeli sendiri barang yang sangat kamu inginkan dapat menjadi solusinya. Tidak harus menunggu orang membelikannya. You are the one who make your own dream comes true. Anggap saja hal itu menjadi target tahunan kamu.

Kalau sekarang, tidak perlu pergi ke mall sendirian untuk berbelanja, (agar ke-jomblo-an-nya tidak begitu nampak) kamu dapat mencoba belanja secara online. Mau dapat harga menarik? Coba saja dengan melihat-lihat voucher diskon.

voucher diskon

voucher diskon

Eh, tapi jangan salah. Sebenarnya nilai berharga dari sebuah kado bukan hanya dari apa wujud kado yang diberikan orang kepadamu, tapi siapa dan keikhlasan yang memberinya. So, jika kamu mendapatkan kado dari orang lain, berarti dia menganggap kamu spesial. Tapi jangan terlalu gampang baper.

2. Berlibur dan benar-benar berlibur ke tempat yang sangat ingin kamu kunjungi

Kamu mungkin sudah menghabiskan setahun ini di kota tempat kamu tinggal. Kenapa tidak mencoba untuk berlibur ke suatu tempat yang ada di luar kota tempat kamu tinggal. Apalagi jika tempat itu adalah tempat yang sudah lama ingin kamu kunjungi. Kenapa tidak di moment kamu berulang tahun?

Seorang pegawai atau karyawan tentunya mempunyai hari kerja. Jika kamu tidak mempunyai waktu di tanggal yang bertepatan dengan ulang tahunmu, kamu bisa merencanakannya di waktu dekat. Dengan berlibur, kamu bisa me-refresh otak dari kesibukan kamu. Apalagi jika kamu adalah orang kantoran.

Semacam iklan tas. Haha. Thanks #blue #bag #road #sign

A photo posted by Hengki Dwiyan (@hengkidh) on

Berlibur setelah lama tidak berlibur juga bisa meningkatkan produktivitas kamu lho. Coba saja sesekali berlibur.

3. Lakukan hal yang sangat kamu inginkan, sekarang!

Melakukan hal yang sangat kamu inginkan tapi susah kamu lakukan di hari-hari biasanya merupakan salah satu faktor yang dapat membuat hari ulang tahunmu lebih waw dan terkesan berbeda. Tentunya harus dalam hal yang positif. Salah satunya mungkin yang lumayan gampang adalah mencoba nonton di bioskop sendirian bagi yang sudah berpasangan. Jangan salah, nonton sendirian di bioskop terkadang membawa sensasi tersendiri. Kalau mau tau bagaimana sensasinya bisa tanya sama temanku yang bernama Aditya Regas; dia pernah nonton 1 judul film yang sama 3 kali dan 2 di antaranya ditonton sendirian – awesome.

Jika hari-harimu selalu ramai dipenuhi dengan teman-temanmu, tidak ada salahnya juga mencoba melewati hari ulang tahunmu sendirian. Cobalah berjalan sekeliling kota. Amati detil yang mungkin terlewatkan jika kamu jalan-jalan bersama teman-temanmu.

Salah satu hal yang lumayan ekstrim yaitu… ganti potongan rambut! Nah, ini mungkin cocok untuk para cewek-cewek. Kenapa tidak mencoba gaya potongan rambut yang berbeda. Siapa tau itu potongan rambut yang baru akan membawa hoki untuk kamu misal ketemu jodoh setelah sekian lama tidak dipertemukan. #tsah. :-p

Di atas tadi merupakan 3 buah poin seperti biasa yang dapat aku berikan kepada kalian para pembaca. Jika kamu memiliki pengalaman merayakan ulang tahun denga gaya berbeda, bisa coba tuliskan di kolom komentar. Saran yang dapat aku berikan hari ini adalah jangan mencari Pokemon ketika ulang tahun kamu (demam Pokemon, Juli 2016).

Page 5 of 17« First...34567...10...Last »

Cara Membuat Iklan di Facebook

Membuat iklan di Facebook adalah salah satu cara terbaik meningkatkan penghasilan dari bisnis Anda. Kenapa? Karena Facebook merupakan salah satu tempat beriklan yang baik. Hal tersebut tidak lepas dari jumlah pengguna Facebook yang semakin hari semakin banyak. Sekarang, beriklan dengan Facebook pun semakin mudah; tidak perlu kartu kredit, Anda bisa menambahkan saldo untuk beriklan dengan transfer melalui ATM. Berikut ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat iklan di facebook dengan mudah untuk pemula dari tahap persiapan hingga iklan rilis. Read more →

Tips Mengikuti Study Tour Ke Luar Pulau

Masih teringat rasanya menjadi mahasiswa. Apalagi bagian kebersamaan bersama teman-teman. Salah satunya ketika bersama-sama liburan, eh, maksudnya study tour ke bali. Kami study tour untuk memenuhi kewajiban di salah satu mata kuliah, yaitu sociolinguistics. Sudah 2 kali saya ke Bali dalam rangka study tour. Ups, Tapi bukan berarti saya pernah tidak lulus mata kuliah tersebut. Tapi karena saya diberikan kepercayaan untuk mendampingi (tukang foto) para mahasiswa. Oleh karena itu, saya merasa berpengalaman dalam mengikuti study tour seperti ini. Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika ingin mengikuti study tourSo, jangan sampai kalian melewatkan tips mengikuti study tour berikut ini. Read more →

ASUS Transformerbook T100 Hands On

ASUS Transformerbook T100

Terimakasih ASUS Indonesia untuk hadiah lomba foto yang diadakan di Facebook ASUS Indonesia. Alhamdulillah, saya memenangkan ASUS Transformerbook T100 sebagai hadiah untuk juara I. Hadiahnya sudah saya terima sebulan lebih, jadi sekarang saya ingin berbagi kepada pembaca secara singkat tentang bagaimana produk ASUS yang satu ini.

Pada saat membuka kotak untuk yang pertama kali, bagian layar dan keyboard (dock) dalam keadaan terpisah. Apabila memegang bagian layarnya saja, akan sangat terasa nuansa tablet pada umumnya. Karena sangat penasaran, hal yang pertama saya lakukan adalah  mencoba untuk menggabungkan antara layar dengan docking-nya. Wow, sebuah notebook! Read more →